IICS Ke-10 Hadirkan Coaching-Verse! Beyond the Future of Coaching?

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 03 November 2022
IICS Ke-10 Hadirkan Coaching-Verse! Beyond the Future of Coaching?
, International Coaching Federation (ICF) Jakarta Charter Chapter gelar IICS 2022. (foto: ICF Jakarta Charter Chapter)

GUNA meningkatkan kesadaran tentang coaching, khususnya, di Indonesia serta membangun komunitas coaching yang lebih kuat di coaching-verse, dunia coaching, International Coaching Federation (ICF) Jakarta Charter Chapter akan kembali menggelar Indonesia’s International Coaching Summit (IICS). Ajang yang sebelumnya dikenal dengan nama ICS (International Coaching Summit) ini hadir di tahun ke-10 dengan tajuk Coaching-Verse! Beyond the Future of Coaching.



Acara ini akan dibuka pada 11 November dan ditutup pada 27 November secara virtual. IICS 2022 merupakan program tahunan ICF Jakarta yang ke-10 sejak kegiatan ini pertama kali diselenggarakan pada 2012. Chairperson IICS 2022 Ari Laksmana mengatakan, di pertemuan tahun ini, IICS akan memberikan pengalaman hibrida kepada para peserta dengan menampilkan teknologi coaching saat ini. “Perkembangan teknologi saling terhubung dengan industri coaching, termasuk pengembangan kompetensi coaching dan perkembangannya dalam dunia coaching,” ujar Ari dalam acara media briefing yang digelar secara daring, Kamis (3/11).

BACA JUGA:

WhatsApp Perkenalkan Fitur Komunitas



Lebih jauh ia menjelaskan coaching-verse mencakup berbagai dimensi dengan coaching dapat memberikan dampak dan berkembang menjadi sebuah pendekatan pengembangan dan pemberdayaan manusia yang lebih inklusif, tapi tetap menjaga etika dan kualitas. “Mulai dari inner-verse hubungan antara coach dan klien, knowledge-verse tentang kompetensi coaching, leadership-verse yakni bagaimana kualitas sumber daya manusia dalam upaya mentransformasi organisasi, niche-verse tentang coaching khusus yang memberikan dampak berarti, business-verse dengan coaching merupakan industri yang menjanjikan dalam berinovasi, serta techno-verse yang memberikan pengalaman coaching yang dibantu teknologi, tapi tetap mengedepankan etika,” jelasnya.

IICS 2022
IICS 2022 hadirkan tema 'Coaching-Verse! Beyond the Future of Coaching. (foto: dok IICS 2022)



Keseluruhan ‘verse’ tersebut menunjukkan coaching bukan hanya sebuah pendekatan atau praktik dalam upaya pengembangan seseorang, melainkan juga dapat digunakan secara adaptif untuk tujuan lain dengan memanfaatkan keajaiban teknologi dan kekuatan etika. “IICS 2022 ingin membawa peserta melihat dan melampaui apa yang terlihat saat ini tentang masa depan coaching dan membuka cakrawala tentang apa yang seharusnya dilakukan seorang coach untuk berkembang dan menyambut masa depan yang lebih baik dan terfokus pada coachee (orang yang diberi coaching),” imbuhnya.



Executive Vice President and Chief Administration Officer of Paragon Corp Miftahudin Amin, yang hadir sebagai pembicara dalam acara media briefing, memberikan gambaran bagaimana pendekatan coaching telah mengubah budaya di Paragon Corp. “Saat ini kami bahkan punya kelompok coaching sendiri,” jelasnya. Lebih jauh, Miftahudin mengatakan pendekatan coaching membantu mengatasi celah generasi yang ada. Dengan komposisi pekerja yang berasal dari berbagai generasi, coaching membantu setiap individu berkembang menjadi lebih baik, mencapai versi terbaik dirinya. “Pendekatan coaching membantu kami menemukan individu yang memiliki visi yang sama dengan perusahaan sehingga bisa berkembang bersama dan jadi lebih baik,” jelasnya.



IICS tahun ini akan dibuka dengan menghadirkan tiga narasumber yang mewakili praktisi BUMN, profesi coach dan praktisi NGO, yaitu Herdi Harman, Heru Yuwono Liem MCC, dan Yosea Kurnianto. Mereka akan menyajikan bahasan ‘Masa Depan Sinergi Coaching’. Tak hanya itu, IICS kali ini pun akan memberikan pengalaman hibrida kepada para peserta dengan menampilkan teknologi coaching saat ini, bagaimana hal itu saling terhubung dengan industri coaching termasuk pengembangan kompetensi coaching dan perkembangannya dalam dunia coaching. Ajang tahun ini akan menjadi international summit ketiga yang diselenggarakan secara virtual.

BACA JUGA:

Ducati Indonesia Hadirkan Diler Kelas Dunia di Bintaro



Beberapa narasumber dan para pakar akan mengisi pada IICS 2022. Mereka akan hadir dalam tiga bagian acara, yakni Coaching Competency, Coaching and Technology, dan Coaching as Business.



Sesi Coaching Competency akan diisi di antaranya oleh Fiona Wang, Sari Marsden, dan CN Murthy sebagai Professional Cerified Coach (PCC) serta Jonathan Retiz, Marcia Reynolds & Elena G Espinal sebagai Master Certified Coach (MCC).



Untuk Coaching and Technology, akan ada CEO CIAS Dr Indrawan Nugroho, Cloud and Cognitive Technical Leader Dr Ari Pratiwi, Nicky Terblanche, PhD, dan Anke Paulick.



Sementara itu, sesi Coaching as Business akan menghadirkan Lex dePraxis, Jedidiah Alex serta Raymond Phoon. Mereka akan berbagi praktik bisnis dalam coaching.

coaching
Pendekatan coaching bantu seseorang jadi lebih baik. (foto: pexels-anna-shvets)



Di bagian akhir, ajang ini akan ditutup dengan menghadirkan para Master Certified Coach Indonesia, seperti Al Falaq Arsendatama, Anitawati Seman, Daru Dewayanto, Ina Rizqie Amalia dan M Kurnia Siregar yang dilanjutkan dengan sesi wrap up oleh Linda Fogg-Phillips, penulis kontributor buku Tiny Habit.



Kamu yang berminat belajar di acara ini bisa melakukan pemesanan tiket IICS 2022 Coaching-Verse! Beyond the Future of Coaching melalui http://iics.coachingyuk.com/.(dwi)

BACA JUGA:

4 Kebebasan pada Anak sebelum Menjadi Dewasa

#Pendidikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan