Headline

IHSG Catat Rekor, Presiden Jokowi Minta Investor Tidak Pesimistis

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 29 Desember 2017
IHSG Catat Rekor, Presiden Jokowi Minta Investor Tidak Pesimistis
Presiden Jokowi (keempat kiri) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (29/12). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

MerahPutih.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tutup perdagangan 2017 di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (29/12) pukul 16.00. IHSG menyentuh level tertinggi sepanjang sejarah BEI.

IHSG ditutup pada angka 6355,65. Presiden Joko Widodo mengaku hal itu di luar dugaan.

"Alhamdulillah telah kita tutup pada sore hari ini indeks harga saham gabungan dengan angka 6355,65. Ini angka yang di luar perkiraan kita semuanya," kata Jokowi dalam sambutannya di Gedung BEI, Jakarta seperti dikutip Antara.

Presiden juga mengapresiasi kinerja Bursa Efek Indonesia karena berhasil melewati seluruh risiko pada 2017. Sejumlah capaian di sektor pasar modal tercatat di Indonesia yaitu peningkatan jumlah investor sebesar 44 persen dalam 2 tahun terakhir menjadi 1,12 juta investor dan diikuti kenaikan nilai investasi investor domestik mencapai Rp 340 triliun pada tahun ini.

Pada 2017 juga ada 37 perusahaan tercatat yang melakukan pencatatan perdana saham di BEI yang merupakan tertinggi di BEI pada 23 tahun terakhir serta yang terbanyak di antara negara-negara kawasan Asia Tenggara.

Menurut Presiden, masyarakat Indonesia diharapkan tidak pesimistis terhadap spekulasi situasi Indonesia.

Spekulasi situasi politik dan ekonomi Indonesia hendaknya tidak memengaruhi keinginan masyarakat dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi di Tanah Air.

"Masalahnya kalau kita sampai terjebak pada ketakutan, terhadap risiko-risiko, kita akan kehilangan peluang, kita akan kehilangan kesempatan, kita akan kehilangan opportunity secara cepat karena kesempatan itu kadang datang hanya sekali," ujar Jokowi.

Beberapa pejabat yang hadir dalam acara tersebut yaitu Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur BI Agus Martowardojo dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso. (*)

#Bursa Efek Indonesia (BEI) #Presiden Joko Widodo #IHSG
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan