IHCDC 2020 Ajak Profesional SDM Hadapi Tantangan di New Normal

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 09 Desember 2020
IHCDC 2020 Ajak Profesional SDM Hadapi Tantangan di New Normal
IHCDC 2020 akan menghadirkan jajaran pembicara nasional. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

THE Indonesia Human Capital Digital Conference (IHCDC) 2020 di Jakarta berperan sebagai wadah penting bagi para profesional Sumber Daya Manusia (SDM) dari berbagai industri di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya wawasan mengenai tren dan tantangan terbaru di dalam industri SDM, sekaligus untuk memperkuat jejaring profesional.

IHCDC 2020 akan menghadirkan jajaran pembicara nasional yang berkompetensi di bidang ini, seperti Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia), Nadiem Makarim, (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia), Erick Thohir (Menteri BUMN Republik Indonesia), Dr. Hadiyanto (Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia) Koeshartanto (Direktur Human Capital PT Pertamina (Perseo)) R. Muharam Perbawamukti (Direktur Human Capital Management, Telkomsel), hingga Libertha Hutapea (AVP of People, Tokopedia).

Baca juga:

HSMUN Ajak Pelajar SMA Jadi Pemimpin Dunia

Pemaparan pertama akan dibuka dengan keynote session oleh Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia) kemudian dilanjutkan dengan panel pertama akan mendiskusikan perspektif global tentang bagaimana mengelola memimpin dan membuat keputusan di tengah krisis yang terjadi saat ini.

Ida Fauziyah. (Foto: Istimewa)

Pada hari kedua digital conference, IHCDC 2020 akan menghadirkan session Transforming your Organization to be an Agile, Lean & Thriving menghadirkan panelis dari PT Pertamina Pesero, Telkomsel, dan Thomas International Indonesia. Akan ada juga sesi selanjutnya yaitu Managing Employee Experience in The New Normal yang akan di bawakan oleh panelis dari beberapa instansi Korn Ferry Indonesia, ExxonMobil Indonesia, Tokopedia, dan Telkomsel.

Selanjutnya, hari ketiga akan di tutup dengan sesi Sharing Knowledge dengan mengangkat tema Continues Performance Management & Mobile Learning in The New Normal yang akan menghadirkan beberapa panelis dari Bank Mandiri, Deloitte Consulting, dan Comerstone OnDemand.

Pemilihan tema DISRUPTIVE ERA OF HUMAN CAPITAL THRIVING OVER THE CRISIS didasarkan kepada kebutuhan industri SDM untuk beradaptasi secara cepat terhadap perkembangan krisis yang terjadi saat ini, sekaligus menggunakan perkembangan tersebut dengan tepat tanpa melupakan sisi-sisi humanis yang ada dalam hubungan antara perusahaan dan karyawan.

Baca juga:

PAX West 2020 Batal Akibat Pandemi COVID-19, Diganti dengan Event Online

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah menyampaikan pandemi yang terjadi saat ini membuat distraksi sehingga membuat tatanan baru, profil dan
skill di masa yang akan datang.

"Dunia usaha di Indonesia sedang menagalami transformasi, pandemi berdampak bagi sektor ketenagakerjaan. Skill pemikiran kritis, kreativas, inovasi, kemampuan memecahkan masalah dan pengaruh sosial," ujarnya dalam kata sambutan opening ceremony IHCDC 2020 yang diselenggarakan oleh OnUs Asia.

Sri Rahayu, President of OnUs Asia. (Foto: Istimewa)

Penyelenggaraan IHCDC 2020 sejalan dengan fokus Pemerintah Republik Indonesia di tahun 2020 dalam hal Pembangunan SDM. Sumber daya ekonomi tidak lagi berasal darisumber daya alam, tetapi manusia yang berpengetahuan, kompeten, dan terampil.

"Saat ini dibutuhkan kolaborasi untuk memajukan sumber daya manusia di Indonesia sesuai target 2045, acara IHCDC menjadi wujud nyata kolaborasi antara stakeholder dan pemerintah dalam mendukung program pemerintah," tambah Ida.

Dukungan untuk terus menggali potensi sumber daya manusia di Indonesia akan terus diberikan. Berdasarkan target sumber daya manusia di Indonesia, potensi sumber daya manusia di Indonesia masih bisa dimaksimalkan. (ikh)

Baca juga:

Berburu Produk Otomotif di IMX 2020

#IHCDC 2020 #Industri #SDM Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan