Idul Fitri, Awal Fitrah Menandai Berakhirnya Bulan Ramadan Bagaimana biasanya lebaran dirayakan_ (Foto: Times of Oman)

HARI Idul Fitri merupakan perayaan bagi umat Muslim untuk mengakhiri bulan suci Ramadan. Berdasarkan dari penglihatan bulan dan perhitungan, perayaan hari Idul Fitri atau lebaran akan jatuh pada Selasa (4/6) di negara Saudi Arabia, Kuwait, dan Qatar dan Rabu (5/6) di Mesir, Siria, Jordan, Indonesia, Jepang, Malaysia, Thailand, Pakisan, dan Australia.

1. Apa itu Idul Fitri?

Idul Fitri, Awal Fitrah Menandai Berakhirnya Bulan Ramadhan
Salat Ied dilakukan di pagi hari Idul Fitri. (Foto: amazing oman)

Idul Fitri memiliki makna yang mirip seperti buka puasa, sekaligus menandakan akhir dari bulan puasa Ramadan.Bulan Ramadan ditandai dari penglihatan pertama dari bulan baru yang biasanya ditentukan oleh ahli penglihat bulan setempat.

Setelah di verifikasi, Hari Idul Fitri kemudian akan dideklarasikan di berbagai televisi, radio, dan mesjid. Dari tahun ke tahun, biasanya hari jelang spesial tersebut dipersiapkan semeriah mungkin untuk berkumpul dan menyambut sanak saudara yang berkumpul.

2. Bagaimana umat Muslim merayakan Lebaran Idul Fitri?

Idul Fitri, Awal Fitrah Menandai Berakhirnya Bulan Ramadhan
Ketupat menjadi makanan identik lebaran. (Foto: popmama.com)

Seluruh umat Muslim di dunia biasanya memulai perayaan Idul Fitri dengan cara salat pagi bersama yang diikuti dengan khotbah singkat.

Orang-orang akan saling memberi selamat setelah salat Ied dan menghabiskan hari dengan berkunjung ke rumah keluarga juga tetangga.

Biasanya, anak-anak kecil akan menggunakan baju baru dan diberikan hadiah berupa uang yang menjadi tradisi lebaran dari tahun ke tahun.

3. Tradisi khusus saat lebaran Idul Fitri

Idul Fitri, Awal Fitrah Menandai Berakhirnya Bulan Ramadhan
anak-anak akan menerima hadiah ketika lebaran. (Foto: zawaj.com)

Negara dengan mayoritas penduduk pemeluk agama Islam, maka sepanjang jalan di negara tersebut akan didekorasi meriah dengan nuansa lebaran dengan lampu warna warni dan ornamen seperti ketupat.

Di setiap negara, umat Islam juga akan membuat dessert dan berbagai makanan manis yang disiapkan sebelum lebaran, atau pagi hari pada lebaran hari pertama.

Tidak hanya itu, para keluarga Muslim juga memiliki tradisi untuk mengunjungi makam untuk memberikan penghormatan bagi anggota keluarga atau kerabat yang telah pergi.

Pakaian juga menjadi aspek penting dalam menyambut Idul Fitri. Sebelum berdoa bersama, orang-orang akan mandi dan menyiapkan dirinya dengan pakaian-pakaian terbaik mereka untuk hari yang ditunggu-tuggu tersebut.

Pada hari pertama Idul FItri, biasanya puasa tidak diperkenankan karena umat Islam didorog untuk ikut berpartisipasi dalam perayaan berakhirnya bulan suci ibadah ramadan. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH