IDI Buru Pembocor Surat Rekomendasi Pemecatan dr Terawan Dokter Terawan (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

MerahPutih.com - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bakal memburu mereka yang membocorkan surat rekomendasi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) yang berbuntut polemik terkait praktik brainwash yang dilakukan dokter Terawan Agus Putranto.

"Akan kita lacak yang membocorkan, siapa jadi otak rencana ini," kata Ketum PB IDI Ilham Oetama Marsis, saat ditemui awak media di Kantornya, Jalan Samratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/4).

Menurut Ilham, IDI akan membentuk tim khusus untuk menyelidiki dugaan motif kesengajaan dalam bocornya surat rekomendasi itu. Pasalnya, surat yang keluar pada tanggal 23 Maret 2018 itu bersifat rahasia dan hanya untuk konsumsi internal. "Saya duga sengaja (dibocorkan), apa maksudnya kalau bukan punya tujuan tertentu," tegas dia.

Selang 4-5 jam setelah operasi pasien mengalami kesembuhan signifikan. (Foto: wisemedic)
Selang 4-5 jam setelah operasi pasien mengalami kesembuhan signifikan. (Foto: wisemedic)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam surat yang beredar tertanggal 23 Maret 2018, MKEK menetapkan dokter Terawan telah melakukan pelanggaran etik serius. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua MKEK PB IDI Prijo Sidipratomo. Ditenggarai, Dokter Terawan melanggar sejumlah etik kedokteran sehingga dia harus diberhentikan sementara.

Adapun etika yang dilanggar menurut MKEK adalah mengiklankan diri secara berlebihan. Tidak kooperatif atau mengindahkan undangan divisi pembinaan MKEK. Menarik bayaran dalam jumlah besar. Dan terakhir, Terawan dianggap menjanjikan kesembuhan pada pasien setelah menjalani tindakan cuci otak.

Namun, IDI akhirnya memutuskan menunda pemberlakukan surat rekomendasi putusan pemecatan sementara dr Terawan yang berlaku sejak kemarin. Keputusan penundaan tersebut dilakukan karena IDI masih melakukan proses verifikasi dan mengumpulkan bukti-bukti tambahan terkait putusan yang diberikan dari MKEK juga jawaban dari dr Terawan dalam forum pembelaannya yang dilakukan pada Jumat (6/4) mendatang. (Fdi)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH