Fashion

Sambut Hari Batik Nasional, Yuk Wujudkan Kreasi Kreatif Kamu

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 01 Oktober 2021
Sambut Hari Batik Nasional, Yuk Wujudkan Kreasi Kreatif Kamu
Rayakan Batik dengan beragam cara. (Foto: Unsplash/Mahmur Marganti)

DALAM rangka menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober, para pekerja biasanya mengenakan kemeja batik untuk memeriahkan suasana kantor. Sebagai warga Indonesia, kita juga harus bangga dengan Batik karena menjadi warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2009 lalu oleh UNESCO.

Nah jika kamu bingung ingin menyambut Hari Batik Nasional dengan apa, SnackVideo memberikan beberapa konten inspiratif untuk melestarikan batik di era digital.

Baca juga:

Peringatan Hari Batik Nasional

1. Merias wajah dengan motif Batik

Ide Kreatif untuk Sambut Hari Batik Nasional
Cocok untuk kamu yang suka make up. (Foto: Instagram/milda_makeup)


Euforia Hari Batik Nasional disuguhkan oleh kreator Wiwied Ineray dengan mengunggah video tutorial make up menggambar motif batik pada wajahnya. Pada video ini, Wiwied memperlihatkan proses menggambar sebuah motif batik bunga geometris dengan warna biru tosca pada salah satu sisi wajahnya dengan mendetail.

Tak hanya itu, Wiwied juga menyelaraskan riasan wajah dengan menggunakan pakaian batik yang senada. Konten ini dapat menginspirasi para beauty enthusiast untuk berpartisipasi melestarikan budaya Indonesia ke dalam bentuk karya yang kreatif dan unik dengan make up sebagai medianya.

2. Membatik menggunakan Henna

Ide Kreatif untuk Sambut Hari Batik Nasional
Menghias batik di tangan. (Foto: Instagram/sryy_hennaart_maros)


Ternyata membatik tidak hanya bisa dilakukan dengan canting dan malam (lilin), namun juga bisa menggunakan Henna. Sejak ribuan tahun yang lalu, Henna sudah digunakan sebagai alat melukis tubuh dan kain di beberapa negara Asia seperti India, Pakistan hingga negara-negara Timur Tengah. Di Indonesia pun, Henna juga cukup terkenal dan sering digunakan dalam beberapa acara.

Kreator Aliyah Lahdji sukses mencampurkan budaya khas Timur Tengah dengan budaya Indonesia dalam sebuah karya lukisan lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila dengan corak batik dengan menggunakan Henna. Tidak hanya itu, Aliyah juga melukis motif batik lainnya pada sebuah tas dengan menggunakan Henna.

3. Lestarikan Batik lewat tarian

Ide Kreatif untuk Sambut Hari Batik Nasional
Menari sambil mengenakan Batik. (Foto: Instagram/milarosinta)


Platform video pendek memang dikenal oleh masyarakat sebagai wadah para kreator untuk menyalurkan minat dan bakat, khususnya menari. Dengan durasi yang pas dan pilihan musik yang beragam, kreator dapat dengan kreatif menciptakan sebuah konten dengan gerakan tari yang baru dan alunan musik masa kini.

Tak mau ketinggalan tren, kreator dan sekaligus penari tradisional asal Bali, Echa Laksmi, turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian batik dengan membuat video tarian bersama anak didiknya diiringi alunan musik masa kini yang di-remix dengan nuansa tradisional. Dalam videonya, Echa menari tarian daerah sambil menggunakan pakaian dari berbagai jenis kain batik.

Baca juga:

Kunjungan Kerja ke Solo, Presiden Jokowi Bakal Hadiri Peringatan Hari Batik Nasional

4. Bercerita sejarah batik lewat video pendek

Ide Kreatif untuk Sambut Hari Batik Nasional
Buat lewat video pendek. (Foto: Unsplash/Haidan)


Batik punya segudang cerita, makna, dan sejarah. Hal ini menginspirasi creator bernama Soffi Ruchaefi untuk merayakan Hari Batik Nasional dengan membuat konten cerita sejarah Batik.

Dalam video nya, Soffi bercerita mengenai batik yang sudah ada pada zaman kerajaan Majapahit. Sejak saat itu, seni batik mulai beredar luas di Indonesia yang pada saat itu dikenal sebagai Nusantara. Ia menambahkan, pada zaman dahulu batik sempat hanya bole digunakan oleh anggota kerajaan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, batik sudah dapat digunakan oleh masyarakat luas hingga saat ini.

5. Menggambar batik di roti

Ide Kreatif untuk Sambut Hari Batik Nasional
Menghias Batik di roti. (Foto: Instagram/bajoe_zahra)


Biasanya kita hanya melihat motif batik yang digambar pada sebuah benda seperti kain, pakaian, tas dan aksesoris lainnya. Namun siapa sangka bahwa motif batik bisa digambar di makanan, seperti roti?

Kreator Widya Pralistya menunjukan kreatifitasnya dalam merayakan Hari Batik Nasional dengan menggambar motif batik pada makanan. Pada video tersebut, ia menggambar batik Megamendung di roti tawar dengan menggunakan selai kacang yang dicampur dengan air dan bubuk minuman kemasan untuk mendapatkan warna dan konsistensi yang diinginkan. Widya telah membuat beberapa video dengan berbagai motif batik lainnya seperti Parang, dan Kawung. Tak hanya itu, ia juga turut menjelaskan makna dari setiap motif batik yang ia gambar pada setiap videonya. (and)

Baca juga:

Hari Batik Nasional, Pemkot Solo Keluarkan SE ASN dan Swasta Pakai Baju Batik Selama 5 Hari

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan