ICW Usul KPK Bentuk Unit Pengamanan seperti SWAT Amerika

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 14 April 2017
ICW Usul KPK Bentuk Unit Pengamanan seperti SWAT Amerika
Penyidik KPK Novel Baswedan dirawat di RS Jakarta Eye Center, Jakarta, Selasa (11/4). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu membentuk unit khusus keamanan. Hal itu menyusul banyak teror terhadap KPK dan terakhir menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan.

"Belajar dari kejadian upaya teror terhadap KPK selama hampir 14 tahun terakhir, maka sudah seharusnya KPK punya unit keamanan tersendiri," kata Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Emerson Yuntho melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (14/4).

Menurut Emerson, unit tersebut penting dibentuk untuk melepaskan ketergantungan masalah keamanan di KPK dengan pihak lain seperti kepolisian.

"Unit ini mengadopsi seperti tim Special Weapons and Tactics (SWAT) di Kepolisian Amerika Serikat. Mereka direkrut dan dilatih secara khusus dan bahkan dapat dipersenjatai," tuturnya.

Ia menjelaskan unit keamanan KPK itu bertugas antara lain sebagai pengawal penyidik, pegawai dan pimpinan KPK dalam kondisi khusus, melakukan operasi senyap atau pengamanan untuk membantu tugas-tugas di bidang penindakan termasuk operasi tangkap tangan, dan melakukan pengusutan dan penangkapan pelaku teror terhadap KPK.

"Anggota tim direkrut secara mandiri oleh KPK sehingga memiliki loyalitas terhadap KPK, bukan ke instansi lain," ucap Emerson.

Sumber: ANTARA

#KPK #ICW
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan