ICW Soroti Transparansi Rekam Jejak Calon Menteri Presiden Jokowi. Foto: Biro Setpres

MerahPutih.com - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz menilai Presiden Joko Widodo terkesan tak konsisten dalam menyusun menteri di kabinet barunya.

Menurut Donal, salah satu yang disorotinya adalah keterbukaan informasi mengenai kriteria dan rekam jejak calon yang bakal dipilih.

Baca Juga

Pilih Menteri tanpa Libatkan KPK, Jokowi Dianggap tak Berdaya Diatur Parpol

"Presiden kan mestinya konsisten dengan record transparansi dan akuntabilitas yang dibangunnya. Menurut saya kita menyayangkan Presiden Jokowi tak konsisten dengan pola penyusunan kabinet," ungkap Donal kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/10).

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz

Donal menambahkan, dirinya tak kaget kalau Komisi Pemberantasan Korupsi tak dilibatkan dalam menelusuri rekam jejak menteri.

Baca Juga

Prediksi Umur Kabinet Jokowi dan Nama-Nama Menteri Baru

"Sebab kalau kita baca dalam 1 tahun belakangan ini memang hubungan KPK dengan presiden sedang berjarak. Tidak dilibatkannya KPK dalam revisi UU bahkan sulitnya pimpinan KPK menemui Jokowi, menurut saya sinyal bahwa komuniksi presiden dengan KPK itu terganggu atau dalam fase yang buruk," sesal Donal.

Tentu saja, hal ini berdampak buruk kepada Jokowi. "Publik menilai Jokowi tidak akan konsisten. Sekali lagi kita tatk terlalu mengagetkan hal seperti ini KPK tak dilibatkan," cetus Donal.

Baca Juga

Jika Ditawari Menteri, Gerindra Incar Kementerian Ini

Donal menduga, Istana sengaja menutup-nutupi pelibatan KPK dalam penyusunan menteri hingga komunikasi dalam sinergi penegakan hukum.

"Jadi kan dilevel istana sebenarnya komunikasi ini tersumbat. Bukan dilevel presiden loh, itu penting mmbedakannya. Di level istana menurut saya komunikasinya tersumbat bukan dilevel pimpinan," pungkas Donal. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH