ICW Minta KPK Libatkan Tim Novel Baswedan Buru Harun Masiku

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 01 November 2020
ICW Minta KPK Libatkan Tim Novel Baswedan Buru Harun Masiku
Logo KPK. (Antara/Benardy Ferdiansyah)

MerahPutih.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melibatkan tim satuan tugas yang dipimpin Novel Baswedan untuk memburu buronan Harun Masiku.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, keberhasilan tim satgas yang dipimpin Novel dalam meringkus buronan penyuap eks Sektertaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi, Hiendra Soenjoto layak untuk diapresiasi.

Baca Juga

ICW: KPK Era Firli Bahuri Sejak Awal Tak Mau Ringkus Harun Masiku

"Namun semestinya hal itu juga dapat diikuti oleh Tim Satuan Tugas yang menangani buronan lainnya, salah satunya Harun Masiku," kata Kurnia dalam keterangannya, Minggu (1/10).

Logo KPK. Foto: ANTARA

Menurut Kurnia, sejak Harun Masiku ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) sembilan bulan lalu, KPK terlihat enggan untuk meringkus mantan calon legislatif PDI Perjuangan tersebut.

"Maka dari itu, ICW mengusulkan agar tim Satgas pencarian Harun Masiku dapat dievaluasi, bahkan lebih baik dibubarkan saja," ujarnya.

Baca Juga

Spekulasi Harun Masiku Dibunuh, Masinton: Kita Mana Tahu, Orangnya Ngilang

Sebagai alternatif, kata Kurnia, tim satgas yang dipimpin Novel yang berhasil meringkus Nurhadi, Rezky Herbiyono dan Hiendra dapat diberdayakan untuk dapat segera meringkus Harun Masiku.

"Jika tidak dilakukan evaluasi terhadap tim yang mencari Harun Masiku, maka diduga keras ada beberapa pihak di internal KPK yang ingin melindungi buronan tersebut," kata Kurnia. (Pon)

#KPK #ICW
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan