ICMI: Pernyataan Kapolri Jangan Dipolitisir

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 04 Februari 2018
ICMI: Pernyataan Kapolri Jangan Dipolitisir
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (tengah) didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis (kanan), Kadiv humas Polri Irjen Setyo Wasisto (kiri) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.com - Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menilai, Kapolri Jenderal Tito Karnavian tidak memiliki niat buruk mengabaikan ormas Islam di Tanah Air, selain Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

"Maka, pernyataan Kapolri tidak perlu dibesar-besarkan apalagi dipolitisir. Kalau kita mau lihat positifnya, niatnya (Kapolri-red) tidak buruk. Cuma tata bahasanya kurang baik. Niatnya baik tapi yang keluar menjadi beda," kata Jimly, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta

Menurut Jimly, sebagaimana dilansir Antara, pidato Tito soal ormas Islam yang kemudian menuai kritik dari sejumlah pihak tidak perlu lagi dipersoalkan apalagi dibesar-besarkan.

"Tak usahlah kita besar-besarkan. Kita anggap sudah selesai. Namun ini harus jadi pelajaran bagi seluruh pejabat atau tokoh publik dalam berbicara pada masa mendatang," ujar Jimly.

Sementara itu, Ketua Komisi Fatwa MUI Huzaema Tahido meminta publik menyudahi persoalan viral video pidato Kapolri Jenderal Tito Karnavian soal ormas Islam.

Dia juga berharap publik tak terus menggoreng viral video pidato Kapolri Jenderal Tito lantaran semua telah berakhir.

"Tak perlu lagi dibesar-besarkan. Sudah selesai," ujarnya.

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, wajar bila ada kelompok ormas yang marah dan kecewa karena 'seolah' dinegasikan oleh pidato Kapolri. Namun, lanjut Dahnil, tidak Elok agaknya bila dipolitisasi berlebihan dengan pelbagai 'bumbu-bumbu'-nya.

Namun demikian, Danil mengatakan, polemik pidato Kapolri soal ormas Islam tak perlu berlarut-larut dibahas mengingat Tito Karnavian telah memberikan klarifikasi dan meminta maaf.

"Kapolri sudah minta maaf. Saya kira beliau berbesar hati. Tidak mungkin dia sengaja menegasikan kelompok lain, ditengah kondisi saat ini. Jadi, saya tidak melihat ada unsur kesengajaan atau kebencian dari pernyataan tersebut," kata Dahnil.

#ICMI #Jimly Asshiddiqie #Kapolri #Tito Karnavian
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan