Ichiran, Kedai Ramen Paling Populer di Jepang Kedai ramen Ichiran sangat terkenal di kalangan penikmat kulioner Jepang. (Foto: Instagram@ichiranhk)

KETIKA berbicara ramen yang pertama kali terpikirkan adalah Negeri Sakura. Salah satu ramen paling terkenal di Jepang adalah Ichiran Ramen. Saking terkenalnya, nama ramen ini bahkan sampai booming di luar negeri. Laman jw-webmagazine mengungkapkan faktanya.

1. Memiliki banyak cabang

ichiran
Ichiran Ramen sudah melebar hingga ke Amerika. (Foto: instagram@afoodiediarybyamy)


Ichiran sudah merambah ke pasar internasional seperti Amerika Serikat dan Hongkong. Di Jepang Ichiran buka hampir di setiap kota-kota besar. Bahkan di Tokyo ada 12 restoran Ichiran yang tersebar di Shibuya, Shinjuku, Ueno, Ikebukuro dan Harajuku.


2. Memesan dengan vending machine

ramen
Pelanggan memesan melalui vending machine. (Foto: Instagram/tasteofeastcoast)


Biasanya di restoran kamu memesan makanan lewat karyawannya. Sementara di Ichiran kamu bisa langsung mendatangi vending machine untuk memesan tiket makanan. Jangan khawatir kalau kamu tidak bisa berbahasa Jepang karena mesin ini juga menyediakan informasi dalam bahasa Inggris. Kemudian kamu tinggal memilih makanan yang diinginkan dan membayarnya di mesin tersebut.


3. Buat ramen sesuai selera

ramen
Dikedai ini bisa membuat ramen sesuai selera. (Foto: instagram@davisyoon330)


Di Ichiran, kamu akan diberi kertas yang harus diisi untuk memilih karakteristik ramen yang diinginkan. Jadi kamu bisa menentukan ramen seperti apa yang kamu mau. Mulai dari tingkat kekentalan kuah, jumlah saus dan bawang, kematangan mi, dan sebagainya. Jangan lupa untuk meminta kertas order dengan bahasa Inggris ya agar kamu bisa mengerti apa yang kamu pesan.


4. Meja dan kursi privat

ramen
Tamu memiliki biliknya sendiri agar makannya fokus. (Foto: instagram@inchiranny


Ichiran menyediakan tempat makan yang terbentuk seperti bilik-bilik individual dan dibatasi dengan sekat. Tujuannya agar pengunjung bisa fokus menikmati ramen yang dimakannya. Di setiap meja juga ada tombol untuk memanggil staff sehingga pengunjung tidak perlu bersusahpayah mencari atau berteriak memanggil pelayan.


5. Ada keran air di setiap bilik

ramen
Ada keran air gratis untuk minum pada setiap bilik. (Foto: Instagram@ichiranny)


Bagaimana dengan minuman? Ternyata kedai ramen ini menyediakan air minum gratis untuk pengunjungnya. Kamu akan menemukan keran air dan gelas di setiap bilik sehingga tidak perlu jauh-jauh mengambil air.


6. Ramen instan untuk dibawa pulang

ramen
Adapula ramen instan yang dapat dibawa pulang. (Foto: Instagram@ichiranjp)


Suka dengan ramen dari Ichiran ini dan ingin membawanya pulang untuk menjadi oleh-oleh? Tentu bisa karena Ichiran juga membuat ramen instan. Meski mungkin rasanya tidak seenak ketika makan di tempat, tapi cukup untuk mengobati rasa kangen dengan ramen yang satu ini. (sam)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH