ICE 2021

ICE 2021 Dimulai, Para Barista Siap Bersaing Ketat

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 23 Maret 2021
ICE 2021 Dimulai, Para Barista Siap Bersaing Ketat
ICE 2021 digelar selama tiga hari. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)

AROMA biji kopi yang begitu kuat sudah tercium dari pintu masuk Hallf Patiunus, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/3). Ini pertanda, Indonesia Coffee Events (ICE) 2021 sudah siap dimulai. Berbeda dari tahun sebelumnya, ICE kali ini diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat situasi pandemi COVID-19.

Setiap peserta maupun juri harus selalu mengenakan masker selama kompetisi berlangsung. Selain itu, mereka harus menerapkan social distancing setiap saat untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca juga:

Mengenal Shayla Philipa, Satu-satunya Barista Perempuan di ICiGSC

Sebelum memasuki area kompetisi, para hadirin yang datang wajib melakukan swab test di dekat pintu masuk. Panitia berbaju putih dengan tulisan Indonesia Coffee Events 2021 dan lanyard merah siap memandu para hadirin yang datang.

Hadirin yang datang harus melakukan Swab Test terlebih dulu. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Setelah selesai melakukan swab test, peserta disambut dengan dua stage kompetisi yang masing-masing dihias dengan mesin kopi. Ada dua kompetisi yang digelar pada hari ini, yakni Indonesia Latte Art Championship (ILAC) dan Indonesia Cup Taster Championship (ICTC). Untuk ILAC akan diikuti oleh 28 peserta sedangkan ICTC 23 peserta.

Agenda hari ini dimulai dengan ILAC terlebih dulu yang dimulai pukul 08.30-15.28. ILAC hari ini akan melaksanakan babak preliminary stage. Kemudian, ICTC akan dimulai pukul 15.30-18.10. Peserta ICTC akan menghadapi babak preliminary hari ini.

Suasana Hallf Patiunus. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Atmosfer ICE 2021 kali ini terlihat sangat comfy karena nuansa hitam yang diberikan oleh gedung Hallf Patiunus. Ditambah lagi adanya 12 lampu kuning yang digantung di bagian tengah. Lampu sorot pun menyinari meja para peserta agar ruang kompetisi makin mumpuni.

Sebelum kompetisi dimulai, para peserta melakukan sesi latihan yang ditemani oleh para juri. Mereka berkesempatan untuk mencicipi, menilai, dan memberikan komentar kepada peserta. Dari kejauhan, komentar para juri tampaknya begitu detail untuk para peserta.

Baca juga:

Mengenal 3 Kompetisi Kopi di ICE 2021

Sekitar pukul 08.45 WIB, kompetisi ILAC pun dimulai. Dwi Devis Shaputro (KULTUR HAUS) menjadi peserta pertama yang tampil di hadapan para juri. Perasaannya nervous tapi lebih terlihat gembira. "Intinya kalau kita di stage itu, kita melakukannya secara sadar. Tremor itu wajar," kata Devis kepada merahputih.com.

Dwi Devis Shaputro menjadi peserta ILAC pertama yang tampil. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)

ICE 2021 tidak dihadiri oleh penonton untuk menghindari kerumunan. Tapi akan disiarkan secara live streaming di YouTube Channel merahputih.com. Informasi tentang ICE 2021 juga bisa didapatkan di website serta media sosial merahputih.com.

ICE 2021 akan digelar selama tiga hari, 23-25 Maret 2021. Selain ILAC dan ICTC, kompetisi kopi bergengsi ini juga menghadirkan Indonesia Coffee in Good Spirits Championship (ICiGSC). Babak final ketiga kompetisi ini akan serentak diselenggarakan di hari terakhir ICE 2021.

Nantinya, pemenang kompetisi ICE 2021 akan menjadi perwakilan dari Indonesia untuk mengikuti kompetisi World Coffee Events di kancah internasional. (and)

Baca juga:

Intip Keseruan Babak Spirit Bar di ICiGSC

#Kopi #Kompetisi Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan