ICE 2020 Segera Dihelat, Hadirkan 5 Kategori Kompetisi Kopi Kompetisi ILAC pada ICE 2019 (Foto: side.id/Andhika Hutama Putra)

INDONESIA Coffee Events (ICE) 2020 akan kembali dihelat. Event kompetisi kopi itu akan dihelat di dua tempat terpisah, Jakarta dan Bali. Kedua event tersebut juga dihelat di waktu yang berbeda.

Acara yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) itu memiliki lima kategori kompetisi kopi yang menarik.

Baca juga:

Barista Indonesia Siap Berkancah di Internasional

Ada Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC) yang dihelat pada tanggal 12-15 Februari 2020 di Gedung SMESCO, Jakarta.

Sementara itu, Indonesia Latte Art Championship (ILAC), Indonesia Cup Taster Championship (ICTC) dan Indonesia Coffee in Good Spirits Championship (ICiGSC) akan berlangsung pada tanggal 16-18 April 2020 di event Food, Hotel and Tourism (FHT), Nusa Dua, Denpasar, Bali.

INDONESIA Coffee Events 2020
Para pemenang kompetisi ICE 2019 yang go international (Foto: MP/Iftinavia Pradinintia)

Untuk memaksimalkan waktu yang terbatas ICE 2020 akan langsung dihelat dalam satu babak Nasional. Tanpa adanya Babak regional (eliminasi) karena langsung disatukan dengan event nasional tersebut. Para pemenang juga akan melanjutkan kompetisi di tingkat dunia.

Baca juga:

Babak Final Indonesia Coffee Event 2019 Resmi Bergulir

Pemenang dari tiap kompetisi akan mewakili Indonesia dalam kejuaraan dunia di bawah naungan organisasi World Coffee Events (WCE). Tahun ini, WCE akan diselenggarakan di Melbourne, Australia pada bulan Mei (WBC dan WBrC) dan Warsawa, Polandia pada bulan Juni (WLAC dan WCTC) .

ICE 2020
Pendaftaran dilakukan secara daring dan luring (Foto: side.id/Andhika Hutama Putra)

Pendaftaran akan dilakukan secara daring maupun non daring. pendaftaran daring memiliki kuota terbatas 70% dari total peserta per cabang kompetisi. Sementara pendaftaran luring atau secara langsung memiliki kuota terbatas 30% dari total peserta per cabang.

Kompetsi IBC menyediakan slot 50 peserta, IBrC 50 peserta, ILAC 36 peserta, ICTC 48 peserta, dan ICiGSC 12 peserta. Khusus untuk kompetisi ICiGSC pemenang tidak akan dikirimkan ke kompetisi tingkat dunia. Tentunya tetap ada hadiah menarik untuk pemenang ICiGSC yang masih dirahasiakan.

ICiGSC 2020 juga akan dihelat sebagai Exhibition Preview untuk persiapan ICiGSC 2021. Jadi, apakah sahabat Merah Putih tertarik mengikuti kompetisi kopi di ICE 2020? (ikh)

Baca juga:

Jadi Juri Kompetisi Menyeduh Kopi, Hamish Daud Puji Barista Milennial karena Hal Ini

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH