Ibu Rentan Baby Blues, ini Aturan saat Menjenguk Bayi Beberapa hal harus dihindari saat menjenguk bayi.(foto: pixabay/fancycrave1)

KELAHIRAN bayi tak hanya membuat kedua orangtua si bayi bahagia. Kehadiran mereka di dunia juga disambut keluarga hingga kerabat dari kedua orangtua. Banyak yang tak sabar untuk segera bertemu si bayi dan ibu. Begitu semangatnya, saat bertemu ibu dan bayi yang baru dilahirkan, terkadang penjenguk salah menunjukkan sikap. Tanpa disadari, ucapan atau tindakan dapat menyakiti perasaan ibu yang baru melahirkan. “Bagi ibu yang mengalami baby blues atau postpartum depression, salah bicara sedikit saja bisa menyinggung atau membuat mereka sedih,” ucap praktisi psikolog, Nuzulia Rahma, saat ditemui di talkshow Breastfeeding and Baby Blues Syndrome, Jumat (17/8).

Saat menjenguk ibu yang baru melahirkan, berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan.

1. Membanding-bandingkan Proses

Setiap ibu punya cerita masing-masing. (foto: pixabay/stocksnap)

Semua ibu spesial. Setiap proses melahirkan atau menyusui memiliki cerita masing-masing. Kisah antara satu ibu dan yang lainnya tentu saja berbeda. Membanding-bandingkan proses antara ibu yang baru saja melahirkan dan orang lain atau pengunjung bisa membuat si ibu merasa tidak nyaman. “Meski niatnya baik, membanding-bandingkan sangat tidak baik dan bisa membuat ibu semakin stres,” tutur Nuzulia yang kerap disapa Lia.

2. Mengkritik

Mereka yang baru pertama kali melahirkan biasanya masih harus banyak belajar. Dalam perjalanannya, tak mengherankan jika mereka mengalami trial and error. Beberapa pengunjung yang merasa lebih berpengalaman merasa memiliki privilese untuk mengkritik cara si ibu dalam merawat bayinya.

3. Memberi Standar-Standar Tertentu

Bayi membutuhkan perawatan khusus. Kendati demikian, bukan berarti kamu harus memberi standar-standar tertentu kepada si ibu. Jangan mendikte apa yang harus dilakukan mereka untuk bayi mereka. Seorang ibu memiliki insting dan tahu yang terbaik bagi anaknya.

4. Memaksakan Cara Hidup dan Pandangan

Ibu punya cara merawat anak masing-masing. (foto: pixabay/skimpton007)

Setiap ibu ingin memberikan yang terbaik untuk putra-putrinya. Mereka memiliki cara sendiri untuk merawat dan melindungi anak yang baru dilahirkan. Beberapa orang berpikir bahwa cara merawat anak benar. Sikap merasa paling benar membuat mereka cenderung memaksakan cara hidup dan pandangan mereka terhadap ibu si jabang bayi. Memaksakan cara hidup supaya orang lain mengaplikasikan hal serupa merupakan perbuatan kurang bijak.

Selain hal tersebut, Lia juga merekomendasikan beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat menjenguk bayi yang baru lahir, semisal mendengarkan dan memuji pengalaman unik si ibu saat melahirkan atau menyusui. Ketika menjenguk bayi, kamu pun selalu memberikan hadiah untuk bayi yang baru lahir. Coba berikan hadiah yang disukai si ibu. “Cara tersebut membuat mereka merasa lebih dihargai,” tukas Lia.(Avi)

Kredit : iftinavia


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH