Ibu Menyusui, Ikuti 4 Cara Ini untuk Maksimalkan Jam Tidur Ibu menyusui juga harus mencukupi jam tidur (Foto: littlebabylife)

IBU yang baru saja melahirkan akan segera beradaptasi dengan kondisinya. Perasaan bercampur aduk menghiasi kesehariannya. Aktivitas rutin seperti menyusui akan selalu dilakukan setiap saat, guna memenuhi tumbuh kembang si kecil.

Kondisi tubuh yang prima harus selalu dijaga ibu menyusui. Menjaga mood agar stabil dengan berbagai cara. Salah satunya dengan tidur yang cukup. Namun, sulit mendapat waktu tidur karena harus menyusui mengakibatkan rasa lelah yang panjang. Tak jarang kondisi itu menjadi pemicu untuk sang ibu mengalami baby blues.

Baca juga:

Beberapa Anggapan Tentang Menyusui yang Terbukti Salah

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa cara untuk mengatur waktu tidur untuk ibu menyusui. Dilansir dari laman alodokter, keempat cara ini cukup ampuh dan mudah dilakukan saat ibu menyusui sulit untuk beristirahat dengan maksimal.

1. Berbagi tugas

Ibu Menyusui, Ikuti 4 Cara Ini untuk Maksimalkan Jam Tidur
Jangan ragu meminta bantuan suami untuk bergantian jaga si kecil (Foto: pexels/pixabay)

Diskusikan sebelum kelahiran si kecil bersama suami untuk membahas beberapa hal penting. Salah satunya pembagian tugas dalam mengurus anak. Saat memenuhi asupan si kecil, dibutuhkan tenaga ekstra.

Biasanya, ibu menyusui memberikan asi setiap dua jam sekali atau melakukan keperluan bayi lainnya seperti mengganti popok. Untuk itu, peran ayah bisa bantu maksimalkan jam tidur bunda.

Optimalkan pembagian tugas pada hari libur. Pembagian tugas bisa meningkatkan kualitas tidurmu. Jangan ragu meminta bantuan suami untuk bergantian jaga si kecil.

Terlebih saat malam hari. Bayi cenderung terbangun dan menangis karena beragam faktor. Bila dibutuhkan, pakailah jasa asisten rumah tangga atau pengurus bayi.

2. Ikuti jam tidur si kecil

Ibu Menyusui, Ikuti 4 Cara Ini untuk Maksimalkan Jam Tidur
Ikutlah tidur bersama si kecil (Foto: motherandchildclinics.co.za)

Saat bayi tertidur lelap, ikutlah tidur bersamanya. Peluang tidur ini bisa dioptimalkan untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Memaksimalkan kesempatan yang ada, mempengaruhi kondisi mood serta fisikmu.

Untuk mendukung jam istirahatmu, kurangi penggunaan gadget dan hal yang tidak perlu. Menggunakan lampu yang memberikan kenyamanan saat berada di kamar. Sehingga, saat bangun nanti akan terasa lebih bugar dan siap merawat sang buah hati seharian.

Baca juga:

Benarkah Manfaat ASI Akan Hilang Jika Dimasukkan Ke Botol?

3. Hindari kafein

Ibu Menyusui, Ikuti 4 Cara Ini untuk Maksimalkan Jam Tidur
Hindari mengonsumsi kafein saat menjelang jam tidur malam (Foto: pexels/pixabay)

Sebaiknya, ibu menyusui menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Asupan makanan yang cocok berupa buah-buah dan sayuran. Guna memberikan zat yang baik dan mempengaruhi ASI untuk sang bayi.

Selain itu, disarankan dengan mengonsumsi minum hangat sebelum tidur, agar lebih nyenyak dan lebih bugar saat bangun di pagi hari.

4. Olahraga ringan

Ibu Menyusui, Ikuti 4 Cara Ini untuk Maksimalkan Jam Tidur
Lakukan olahraga sejenak (Foto: pexels/prasanth inturi)

Salah satu cara yang mudah dan hemat biaya adalah olahraga ringan. Ibu menyusui bisa melakukan gerakan yang ringan dan santai sebelum istirahat. Seperti gerakan pada yoga, senam dan sebagainya.

Selain itu, bermeditasi mampu melepaskan rasa lelah dan pikiran yang membebankan diri ibu menyusui. Mengajak sang buah hati berjalan-jalan di dalam rumah bisa menjadi pilihan alternatif. Setelah itu, tidur akan terasa lebih nyaman bersama anak dan keluarga. (Dys)

Baca juga:

Mengapa Ibu Harus Percaya Diri ketika Menyusui?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH