Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa, Pengamat: Jakarta Bakal Lebih Fokus Pusat Perekonomian

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 30 April 2019
Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa, Pengamat: Jakarta Bakal Lebih Fokus Pusat Perekonomian
Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah (Foto: fh.usakti.ac.id)

MerahPutih.com - Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah angkat bicara menanggapi rencana Presiden Jokowi yang ingin memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa.

Menurut dia, pengalihan ibu kota dapat menguntungkan Jakarta karena dapat leluasa merapihkan tata kota Jakarta sebagai kota perekonomian. Lantaran nantinya gedung pemerintahan akan pindah operasi sesuai ibu kota.

"Sesungguhnya malah Jakarta kemudian bisa ditata ulang gitu loh. Di desain ulang dengan ketiadaan kantor-kantor pemerintah dan dubes-dubes itukan berati Jakarta murni sebagai kota jasa industri jasa perdagangan jasa. sehingga arah dari pembangunannya fokus," kata Trubus saat dihubungi, Selasa (30/4).

raker jokowi pindah ibu kota
Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Rapat Terbatas tentang Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibukota, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4) siang (Setkab)

Kata dia lagi, jika perpindahan ibu kota terealisasi. Jakarta akan lebih bagus untuk membenahi pembangunan baik dalam pendidikan hingga layanan jasa termasuk dalam teknologi industri dan tenologi informasi. Dengan pembangunan infrastruktur ini Jakarta bisa menyaingi New York City.

"Kedepan lebih bisa menjadi kota satelit seperti New Yorknya Indonesia," tuturnya

Trubus menegaskan bahwa dirinya sangat menunggu keseriusan dari pihak pemerintah terkait dengan wacana pemindahan ibu kota ini. Dia berharap kali ini dapat terealisasi.

"keseriusan pemerintah jokowi sangat di tunggu jangan lagi nanti bubar lagi awal-awalnya semangat nanti tiba-tiba pudar," tutupnya. (Asp)

#Pemindahan Ibu Kota #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan