Ibu Kota Baru Dilengkapi Bendungan Seharga Rp1,4 Triliun

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 26 Juni 2020
Ibu Kota Baru Dilengkapi Bendungan Seharga Rp1,4 Triliun
Pembangunan Bendungan. (Foto: PUPR).

MerahPutih.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siapkan anggaran sekitar Rp1,4 triliun untuk pembangunan bendungan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pembangunan bendungan ini, untuk memenuhi kebutuhan air bersih ibu kota baru.

Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang mengatakan, dana pembangunan bendungan diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Anggaran tersebut terbagi untuk pembebasan lahan sekitar Rp800 miliar dan pembangunan fisik bendungan sekitar Rp676 miliar. Saat ini, proses pembangunan mulai pendataa peta sebelum pembebasan lahan.

Ia menegaskan, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor pada 20 Desember 2019, sudah menetapkan lokasi pembangunan bendungan yang meliputi wilayah di Kecamatan Sepaku yakni Desa Sukomulyao, Argomulyo dan Tengin Baru.

Baca Juga:

Polda Metro Belum Terima Laporan Pembakaran Bendera PDIP

Dilansir dari Kantor Berita Antara, proyek pembangunan bendungan ini bakal memiliki daya tampung 11,6 juta meter kubik dengan debit 2.400 liter per detik tersebut. Luasan pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi mencapai sekitar 378 hektare terdiri dari 36 hektare untuk tubuh bendungan dan luas genangan sekitar 342 hektare.

Pelaksanaan lelang fisik pembangunan bendunga telah masuk tahapan penetapan pemenang, tinggal proses penandatanganan kontrak kerja dan penandatanganan kontrak kerja pembangunan fisik bendungan dilakukan setelah 640 bidang tanah lokasi pembangunan sudah dibebaskan.

Baca Juga:

Shin Tae Yong-Iwan Bule Bicara dari Hati ke Hati Sore Ini

#Ibu Kota #Pemindahan Ibu Kota #Kementerian PUPR
Bagikan
Bagikan