Ibu Kantin, Sang Jagoan Bagi Siswa Kala Perut Lapar Menjadi penyelamat dikala lapar. (Foto: YouTube/SmanDua Malang)

BEL istirahat berbunyi, belum sempat membereskan buku pelajaran, seorang siswa malah langsung lari ke kantin. Ia takut lauk favorit diserbu murid lain. Sejak di kelas pikirannya selalu melayang menyantap jajanan di kantin. Entah karena belum sarapan atau memang terlalu semangat ingin ke kantin. Tentu, ia tak bawa bekal sekolah makanya jadi orang di barisan pertama.

Hayo angkatan virtual, siapa enggak kangen dengan ramainya suasana kantin ketika bel istirahat berbunyi? Baru keluar dari pintu kelas saja, bunyi spatula sudah mulai terdengar dan aroma telur dadar bikin tak kuasa menahan lapar. Belum lagi pas jam pelajaran, sudah bikin janji dengan gebetan biar makan bareng di meja bisanya menyatu dengan kursi. Istirahat 15 menit rasanya begitu lama deh kalau sama gebetan.

“Gue dulu inget banget sama bude di kantin, gue belum mesen aja udah disiapin makanan kesukaan gue. Ya itu tadi, karena emang gue hampir setiap hari makan di tempat dia karena enggak bawa bekal,” kata Aji, salah satu alumni SMA swasta di Tangerang.

Baca juga:

Sosok Jagoan Negeri Aing di Balik Aksi Sosial Berbagi Nasi Gratis di Nusa Dua Bali

Ibu Kantin, Sang Penyelamat Dikala Perut Lapar (TEMATIK)
Makan terasa lezat bila bersama teman-teman. (Foto: Instagram/smpshafta)

Ibu kantin memang menjadi soso dirindukan bagi alumni atau angkatan virtual saat ini. Apalagi kalau kamu sudah dekat banget sama mereka. Bahkan, sehari sebelumnya kamu sudah chat ke ibu kantin untuk menanyakan kira-kira lauk apa saja akan dimasak besok. Atau mungkin ada juga minta pesan duluan?

Layaknya warteg dan tempat makan lainnya, masakan ibu kantin memang paling maknyus kalau disantap pas masih hangat-hangatnya. Telur dadar, ayam goreng, mi goreng, tahu goreng, tempe goreng, kerupuk, capcai, sosis, nugget, sampai sup ayam. Belum lagi beragam gorengan sering dihutang para murid, seperti pisang goreng, bakwan, risol, dan tahu isi. Biasanya jenis makanan ini diletakkan di paling depan agar para murid bisa langsung mengambilnya.

Bagi kebanyakan siswa, ibu kantin merupakan jagoannya, apalagi kalau baik banget boleh berhutang. Bahkan karena terlalu baik, siswa sampai enggak rela buat ngutang dan bayar lebih dari biaya sudah ditentukan. Mirisnya, beberapa murid ‘nakal’ justru sering ngutang atau memanfaatkan keramaian untuk mengambil makanan tanpa diketahui ibu kantin. Makanya ibu kantin memegang prinsip ‘Hiroshima hancur karena bom, dagangan hancur karena bon.’

Baca juga:

Jejak Cobra Bang Pi`ie Mencatuk Pusat Jakarta

Ibu Kantin, Sang Penyelamat Dikala Perut Lapar (TEMATIK)
Jagoan kami, ibu kantin. (Foto: Instagram/peternakanugmgariskeras)

“Wah dulu mah di angkatan gue banyak banget tuh yang utangnya sampai ratusan ribu. Bahkan ada yang enggak bayar sampai dia lulus. Tau sendiri lah orang-orang kayak gitu gimana. Malah kita yang talangin makanan dia,” ujar Aji.

Bagi Ali dan banyak siswa lain, mereka lebih dari sekadar ibu kantin. Ketika pelajaran cukup membosankan, selain ruang Usaha Kesehatan Sekolah, beberapa murid sering cabut ke kantin hanya untuk sekadar ngobrol sama ibu kantin atau sekalian makan. Ibu kantin paling asyik ialah bisa menemani kita makan di meja dan mau diajak ngobrol.

Lucunya lagi, karena sudah terlalu ‘sayang’ sama ibu kantin, beberapa siswa rela membantu mereka dalam menyiapkan hidangan. Ya, siapa tahu bisa dapat makan gratis kan.

Ketika sudah lulus sekolah, ibu kantin tak luput dari ingatan para siswa betapa berharganya jasa mereka. Alumni-alumni yang datang ke sekolah hanya untuk sekadar bermain, pasti selalu menyempatkan diri datang ke kantin untuk menyapa atau nostalgia masa-masa sekolah dulu. Semoga kita bisa segera merasakan kembali duduk dan makan di kantin lagi. (and)

Baca juga:

Mengintip Ragam Gaya Busana Jago Revolusi Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jangan Anggap Sepele, Pelumas Sangat Memengaruhi Performa Kendaraan
Fun
Jangan Anggap Sepele, Pelumas Sangat Memengaruhi Performa Kendaraan

Pelumas kendaraan juga berfungsi melindugi kamu di perjalanan.

HUAWEI P50 Pro Hadirkan Pengalaman Foto Realistis
Fun
HUAWEI P50 Pro Hadirkan Pengalaman Foto Realistis

HUAWEI P50 Pro dibanderol mulai dari harga Rp 15 jutaan.

Pangeran William Kritik Wisata Angkasa Luar para Miliarder
ShowBiz
Pangeran William Kritik Wisata Angkasa Luar para Miliarder

Masalah sebenarnya ialah menyelamatkan Bumi.

Kopi Sianida, Kontroversi Tiada Henti
Fun
Kopi Sianida, Kontroversi Tiada Henti

Kasus kopi sianida yang menyita perhatian publik.

Kenali Ciri Orangtua yang Tidak Dewasa Secara Emosional
Fun
Kenali Ciri Orangtua yang Tidak Dewasa Secara Emosional

Ciri orang tua yang tidak matang secara emosional

Sudah 20 Tahun, Film 'Spirited Away' dan Museum Ghibli buat Boxset Eksklusif
ShowBiz
Sudah 20 Tahun, Film 'Spirited Away' dan Museum Ghibli buat Boxset Eksklusif

Boxsetn yang berisikan film, buku, poster dan beberapa item unik lainnya.

Yuk Tinggalkan Kebiasaan Buruk ini di 2022
Fun
Yuk Tinggalkan Kebiasaan Buruk ini di 2022

Waktunya untuk mengembangkan diri jadi lebih baik di 2022.

Fakta Jual Beli Rumah di Masa Pandemi
Fun
Fakta Jual Beli Rumah di Masa Pandemi

Rumah tapak masih jadi primadona pilihan masyarakat saat membeli properti.

Geng Dokter 'Hospital Playlist' akan Bertualang di 'Three Meals a Day'
ShowBiz
Geng Dokter 'Hospital Playlist' akan Bertualang di 'Three Meals a Day'

Mereka menyewa rumah di perdesaan dan memasak makanan mereka sendiri dari awal.

Lirik nan Sastrawi Dalam Lagu KLa Project
Fun
Lirik nan Sastrawi Dalam Lagu KLa Project

Grup musik ini selalu unik dalam berkarya.