Ibu Jagoan Penyintas Postpartum Depression Inisiator Crystal Clear Moms Tak mudah melakoni peran menjadi ibu. (Unsplash-Aditya Romansa)

PERJUANGAN seorang ibu tidak hanya terhenti setelah proses melahirkan anaknya. Momen setelah sang anak lahir justru menjadi awal perjuangan baru. Ada begitu banyak kisah tidak terungkap dialami seorang ibu saat anaknya lahir. Apalagi bila baru berstatus menjadi ibu, alias kali pertama melahirkan.

Rasanya sungguh campur aduk. Mulai dari perasaan bersalah karena tidak langsung jatuh cinta saat bertemu anaknya pertama kali, kurang istirahat, hingga sulitnya proses menyusui. Ketidaksiapan dengan peran barunya nan begitu mengubah hidup membuat sejumlah perempuan mengalami baby blues dan postpartum depression.

Baca juga:

Tukang Sampah Jagoan Negeri Aing Bersihkan Lingkungan Meski Sering Dilupakan

Keterasingan membuat sejumlah ibu merasa sendiri. Tidak punya teman, dan tidak punya ruang untuk berbagi. Mereka akan kembali kuat saat bertemu dengan teman 'senasib'. Berbagi dengan sesama ibu baru membuat mereka lebih kuat dan menyadari tidak berjuang sendirian.

Kemunculan sejumlah akun di sosial media menjadi wadah para ibu bertemu dengan teman seperjuangan menjadi ruang berbagi paling efektif. Salah satunya, akun bernama Crystal Clear Moms (@crystalclearmoms) dengan hashtag #IbuBeneran.

Ketika berkunjung ke akun tersebut, para ibu otomatis senyum-senyum sendiri karena merasa terkoneksi dengan kontennya. Dikemas dengan sederhana namun segar, sang pemilik akun, Fransisca Rivan atau lebih akrab dipanggil “Momin Shiva” memperlihatkan potret ibu jagoan dalam keseharian mereka sebagai #IbuBeneran.

crystal clear moms
Gambar dibuat Shiva mewakili ibu-ibu. (Sumber: Instagram/@crystalclearmoms)

Misalnya, momen saat pertama kali menyusui anak lantaran tidak semudah potret sosial dan media, hingga momen anak menolak makanan.

Seiring waktu, akun Crystal Clear Moms berkembang menjadi sebuah komunitas daring, tempat para #IbuBeneran bisa berkeluh kesah dan saling menguatkan dengan berbagi suka duka, menceritakan kisah-kisah asli sebagai #IbuBeneran, agar potret sosial terhadap ibu dapat menjadi lebih nyata.

Baca juga:

Cerita Bagirata Bantu Pekerja Terdampak Pandemi

Dalam perjalanannya, Momin Shiva, demikian ia disapa sudah menyaksikan deretan kisah mengharukan dari para #IbuBeneran tangguh, mulai dari perjuangan merawat anak setiap harinya, kehilangan anak, hingga saat para ibu berurusan dengan mom-shaming.

Siapa sangka di balik keriaan ditampilkannya di media sosial, Momin Shiva mengungkapkan kalau akun tersebut merupakan bagian dari proses healingnya saat berhadapan dengan postpartum depression.

"CCM menjadi wadah aku pribadi untuk menuliskan semua pikiran dan perasaan yang enggak tahu mau disampaikan ke mana," ujarnya.

crystal clear moms
Gambar sederhana namun menyentuh. (Sumber: Instagram/@crystalclearmoms)

Lebih lanjut, ia mengisahkan awa menjadi ibu, langsung mengalami postpartum depression setelah melahirkan. "Aku enggak siap dengan perubahan di luar perkiraan. Enggak sadar kalau akan sedrastis itu perubahannya, akan sebesar itu tekanannya," kisahnya.

Ia begitu terkejut saat melakoni keseharian menjadi ibu. Tak hanya capek fisik, melainkan mental. "Enggak ada diberi tahu sebelumnya kalau setelah menjadi ibu itu akan susah loh. Bukan cuma capek fisiknya tetapi juga mentalnya. Fisik capek segitunya aja terkejut. Enggak nyangka segitunya. Plus juga mental dan pikiran," ungkapnya.

Ia mengungkapkan sebelum melahirkan, di dalam lingkungannya, selalu diceritakan hal-hal baik menjadi seorang ibu. Ia tak beroleh gambaran sulitnya menyandang status ibu. "Ketika jadi ibu ada sisi buruk rupanya loh. Itu enggak ada ngasih tahu. Jadi pas jadi ibu sekaget itu."

Dengan besarnya perubahan dan tekanan dihadapi, ia pun sempat mengalami fase terberat dan mulai merasa perlu mengeluarkan semua pikiran. Ia merasa dorongan begitu kuat untuk meluapkan semuanya dengan bicara ke seseorang atau sesuatu. Namun, ia tidak menemukan wadah tepat.

crystal clear moms
Shiva dan anaknya, kini berusia 11 bulan. (Foto: Istimewa)

"Enggak tahu mau bicara ke siapa. Pikiran udah melanglang buana ke mana-mana enggak jelas. Akhirnya aku nulis sendiri lewat akun @crystalclearmoms," tuturnya.

Ia pun mengungkapkan latarbelakang memberi nama Crystal Clear Moms. "Kenapa namanya Crystal Clear Moms? Karena aku ingin jadi ibu crystal clear terhadap posisi sebagai ibu dan sebagai pribadi. Jernih, jelas, tahu banget bagaimana posisi sebagai pribadi," bebernya.

Layaknya akun baru lainnya, awal buat akun tersebut followers 0. Hanya ia satu-satunya pengikut. Seiring berjalannya waktu ada mulai follow, repost, hingga mengirim direct message. "Di situ mulai berpikir oh ternyata banyak mengalami pengalaman serupa. Ternyata perjuangan ibu-ibu lain mirip. Ternyata tuh ada loh mengalami hal serupa. Pas aku posting hal aku alami dan rasakan banyak ngelike, repost, dan komentar 'iya sama persis'. Ternyata ini hal lumrah, hal nggak aneh," bebernya.

Dahulu, sebelum membagikan kisahnya, ia sering bertanya-tanya pengalaman aneh dirasakannya saat melakukan tugas sebagai ibu. "Dulu ngerasa aneh kok aku bisa sih enggak suka menyusui? Kok aku bisa sih enggak langsung jatuh cinta lihat anakku? Apa aku enggak baik? Apa aku enggak layak jadi ibu? Pikiran itu terlintas dan membuat aku merasa bersalah," akunya.

crystal clear moms
Shiva bekerja sembari menggendong anak. (Foto: Istimewa)

Setelah ia mendalami dunia motherhood, ngobrol daring dengan psikiater dan psikolog, baca jurnal dan berbagi cerita sama orang lain, ternyata itu hal biasa dan normal dalam satu fase melakoni tugas sebagai ibu. "Justru membuat perjalanan jadi ibu indah adalah sisi tidak indahnya. Bukan sisi indah-indahnya aja. Karena ada indah dan tidak indah makanya menjadi ibu itu sempurna," tukasnya.

Berlandaskan hak tersebut, ia menjadikan visi akun Instagram @crystalclearmoms memberi tahu kepada sebanyak-banyaknya #IbuBeneran, calon #IbuBeneran, dan masyarakat, kalau sisi tidak indah dari menjadi seorang ibu itu wajar dan perlu diberi apresiasi, karena sisi tersebut membuat seorang ibu menjadi #IbuBeneran.

"Menjadi #IbuBeneran itu bukan berarti berhenti menjadi manusia biasa. Akan ada hari kita jatuh, sedih, bosan, lelah, kesal, marah dengan peran sebagai ibu. Itu tidak membuatmu menjadi ibu buruk. Izinkan dan maafkan dirimu karena merasakan hal-hal tersebut. Hal-hal tersebutlah akan membuatmu belajar menjadi ibu lebih baik dari hari ke hari, menjadi lebih kuat, lebih hebat. Hal-hal tersebut membuatmu jadi manusia. So, enjoy the ride," tukasnya. (Avia)

Baca juga:

Ojek Online Jagoan Negri Aing Kala Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
iPhone 13 akan Hadir dengan Fitur Layar Always-on?
Fun
iPhone 13 akan Hadir dengan Fitur Layar Always-on?

iPhone terbaru akan hadir dengan berbagai upgrade penting.

Perjalanan Terjal Girls' Generation Sebelum Raih Popularitas
ShowBiz
Perjalanan Terjal Girls' Generation Sebelum Raih Popularitas

Berikut beberapa skandal Girls' Generation terburuk yang pernah dialami grup tersebut.

Pagar Betis yang Mengacaukan Penjaga Gawang
Fun
Pagar Betis yang Mengacaukan Penjaga Gawang

pandangan penjaga gawang terhalang oleh pagar betis itu.

Hati-Hati, Cahaya Lampu Jalanan Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Tiroid
Hiburan & Gaya Hidup
Hati-Hati, Cahaya Lampu Jalanan Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Tiroid

Studi baru menemukan bahwa orang yang tinggal di daerah dengan tingkat cahaya buatan dapat meningkatkan kemungkinan risiko terkena kanker tiroid.

Ngabuburit Nonton 5 Film Thriller Korea
ShowBiz
Ngabuburit Nonton 5 Film Thriller Korea

Bikin waktu terasa cepat sampai buka puasa.

SnackVideo Ajak Pengguna Bantu Teman Sumbing Lewat Program #SenyummuSedekahmu
Fun
SnackVideo Ajak Pengguna Bantu Teman Sumbing Lewat Program #SenyummuSedekahmu

Aplikasi video pendek SnackVideo bersama LSM SmileTrain, mengadakan sebuah program donasi

Ketahui Ini Sebelum Kamu Beli Sepatu Hiking
Fun
Ketahui Ini Sebelum Kamu Beli Sepatu Hiking

Pastikan kamu memang sering mendaki gunung.

Gandeng Fashion Nova, Megan Thee Stallion Rilis Koleksi Fashion
Fashion
Gandeng Fashion Nova, Megan Thee Stallion Rilis Koleksi Fashion

The Hot Girl Meg memutuskan bekerjasama dengan Fashion Nova agar produknya mudah dijangkau.

Twitter Luncurkan Fitur Mirip Instagram Stories
Fun
Twitter Luncurkan Fitur Mirip Instagram Stories

Twitter fleets dapat merekam video singkat yang akan terhapus otomatis setelah 24 jam.