Bugar

Ibu Hamil Harus Olahraga

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 19 Januari 2018
Ibu Hamil Harus Olahraga
Ibu hamil harus olahraga juga. (Foto: sheknows)

MEMILIKI tubuh idaman merupakan dambaan para wanita. Berbagai cara ditempuh demi memiliki lekuk tubuh yang diimpikan. Perjalanan untuk memiliki tubuh impian menjadi tantangan tersendiri untuk wanita, terutama bagi mereka yang sedang hamil atau baru melahirkan.

Para ibu muda kerap dihinggapi rasa takut olahraga saat mengandung. Beberapa jenis olahraga memang cukup beresiko dilakukan para ibu hamil. Berikut sejumlah olahraga yang bisa dilakulan ibu hamil dan melahirkan.


1. YogaGlo

Yoga merupakan olahraga favorit para ibu hamil. Olahraga ini mampu membuat ibu hamil menjadi relaks. Menurut Well Rounded, yoga selama kehamilan dapat mengurangi kadar stres, mengurangi nyeri pada kaki dan punggung serta mengurangi depresi.


2. Daily burn

Siapa bilang daily burn berbahaya untuk ibu hamil? Olahraga ini juga bisa dilakukan oleh ibu hamil atau yang baru melahirkan. Kita bisa melakukan daily burn dimana saja dan kapan saja. Cukup dengan mengambil matras dan nyalakan video daily burn di ponsel, kita bisa mengikuti gerakan daily burn. Meski demikian, ada beberapa gerakan senam daily burn yang bisa dilakukan dan harus dihindari oleh ibu hamil. Salah satu gerakan yang di khususkan untuk ibu hamil yakni Beautiful Belly. Video Beautiful Belly berdurasi 20 hingga 40 menit. Olahraga yang memusatkan pada perut ini dapat mengurangi kram di bagian perut pada ibu hamil.


3. Pilates

Pilates merupakan langkah paling tepat untuk mempertahankan bentuk tubuh ideal selama masa kehamilan. Olahraga ini melatih tulang pinggul, panggul, punggung dan otot inti. Ketika proses melahirkan, otot inti kita akan bekerja ekstra. Dengan mengikuti sesi pilates saat masa kehamilan, otot inti kita akan lebih terlatih dan kuat saat proses melahirkan.


4. Balet

Perpaduan antara alunan musik klasik yang lembut dan gerakan gemulai membuat tari balet menjadi salah satu tarian paling indah. Tak hanya memiliki nilai estetika tinggi, tarian ini rupanya juga memiliki manfaat bagi tubuh terutama bagi ibu hamil san melahirkan. Gerakan balet khusus ibu hamil membuat otot lebih kencang dan tubuh lebih ramping selama kehamilan dan setelah melahirkan.

Demikian sejumlah olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dan melahirkan. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan selama mengikuti sesi olahraga. Keep healthy and stay strong, mom to be! (avia)

#Ibu Hamil
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan