Ibu Hamil, 4 Barang Ini Jangan Sampai Tertinggal saat Pergi Liburan Ibu Hamil, Jangan Lupa Bawa Hal Ini Saat Liburan (Foto: Pixabay/Fotorech)

KETIKA musim liburan tiba, ibu hamil biasanya terlalu khawatir untuk pergi liburan bersama keluarga apalagi kalau harus menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil atau naik pesawat. Walaupun sedang hamil, bukan berarti kamu tidak boleh liburan lho bahkan liburan bisa membuat perasaan ibu hamil menjadi lebih tenang sehingga perkembangan janin menjadi lebih baik.

Ibu hamil akan baik-baik saja kok selama liburan dan melakukan perjalanan jauh. Namun memang diperlukan perhatian ekstra agar ibu dan janin nyaman dan baik-baik saja. Apa saja sih yang dibutuhkan ibu hamil selama liburan? Yuk intip!

1. Cemilan Sehat

Ibu Hamil, 4 Barang Ini Jangan Sampai Tertinggal saat Pergi Liburan
Bawa cemilan sehat (Foto: Pixabay/Pexels)

Ini merupakan hal wajib dibawa oleh ibu hamil ketika liburan. Selama hamil, tubuh akan mengalami perubahan drastis terutama perubahan hormonal. Hal ini akan menyebabkan pola makan berubah.

Baca juga:

Butuhkan Lebih Banyak Asupan, Ini Daftar Vitamin dan Mineral yang Perlu Ibu Hamil Tahu

Meskipun sarapan, makan siang, dan makan malam teratur, tidak akan pernah cukup untuk ibu hamil yang membutuhkan nutrisi lebih karena sedang terjadi pertumbuhan janin di dalam tubuhnya.

Siapkan cemilan sehat seperti snack yang kaya akan serat dan buah-buahan selama perjalanan liburan untuk mengisi energi, dan kebutuhan nutrisi.

2. Sepatu yang Nyaman

Ibu Hamil, 4 Barang Ini Jangan Sampai Tertinggal saat Pergi Liburan
Gunakan sepatu yang nyaman (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Ibu hamil sangat membutuhkan sepatu yang nyaman ketika liburan dan berkeliling tempat wisata. Selalu pakai sepatu teplek yang nyaman seperti sneakers dan hindari sepatu berhak baik pendek maupun tinggi.

Baca juga:

Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Seafood? Ini Faktanya

Jika kamu memaksakan memakai sepatu yang tidak nyaman, kaki bisa bengkak dan pinggang bisa terasa sangat pegal. Kalau sudah begini harus bed rest demi keselamatan janin maupun sang ibu.

3. Popok Dewasa

Ibu Hamil, 4 Barang Ini Jangan Sampai Tertinggal saat Pergi Liburan
Gunakan popok dewasa (Foto: Pixabay/Clker-Free-Images)

Sering pipis selama hamil merupakan hal yang wajar karena disebabkan oleh perubahan hormonal dan tekanan pada kandung kemih oleh perkembangan janin.

Untuk mengantisipasi hal ini ketika liburan, gunakan popok ketika kebetulan sedang jalan-jalan di tempat wisata dan jarang menemukan toilet. Daripada kebablasan lebih baik menggunakan popok.

4. Bantal

Ibu Hamil, 4 Barang Ini Jangan Sampai Tertinggal saat Pergi Liburan
Bawa bantal selama liburan (Foto: Pixabay/KakaduArt)

Liburan berarti melakukan perjalanan panjang. Bisa naik mobil atau naik pesawat. Di manapun itu kamu harus senantiasa membawa bantal demi kenyamananmu dan si janin.

Baca juga:

Ibu Hamil Rentan Masalah Ginjal, Ini Tanda-Tanda yang Harus Dikenali

Duduk terlalu lama apalagi jika kursinya tidak nyaman sangat mempengaruhi kesehatan ibu hamil lho. Jangan malu untuk minta bantal tambahan di dalam pesawat ya. Buat dirimu senyaman mungkin. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH