Parenting

Membaca Tenangkan Ibu dan Anak di Masa Pandemi

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Sabtu, 24 Juli 2021
Membaca Tenangkan Ibu dan Anak di Masa Pandemi
Tenang di masa pandemi dengan membaca buku (Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio)

PANDEMI bukan hanya menyerang fisik, melainkan juga psikis. Meskipun sudah berusaha keras untuk menjaga diri dengan protokol kesehatan yang ketat, kita tidak bisa melindungi kesehatan mental kita dari paparan informasi seputar COVID-19.

Di media sosial sudah tidak terhitung berapa banyak teman atau keluarga yang mengunggah dirinya sedang menjalani isolasi mandiri karena terjangkit COVID-19. Seolah itu belum cukup buruk, kita juga sering kali dihadapkan pada berita-berita tidak mengenakkan seputar COVID-19. Mulai dari unggahan orang-orang yang membutuhkan plasma darah, menghadapi kelangkaan tabung oksigen hingga harus menunggu lama untuk mendapatkan perawatan.

Hal-hal tersebut tentu bisa mengguncang mental siapa saja, terutama para mama muda yang memiliki anak kecil.

BACA JUGA:

Pentingnya Kedekatan Ayah dan Anak, Berpengaruh Pada Kecerdasan Si Kecil

Walaupun berusaha menjaga si kecil sedemikian rupa agar tidak tersentuh virus COVID-19, tetap saja kekhawatiran tidak terelakkan lagi. Terlebih ketika melihat tingginya angka balita yang tertular COVID-19, tentu saja membuat moms stres bukan main. Meskipun mereka coba menyamarkan isi hatinya, perasaan dan emosi moms terefleksi ke si kecil. Anak bisa merasakan kegelisahan orangtuanya. Tidak jarang mereka ikut uring-uringan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, para mama perlu untuk mengalihkan perhatian.

Salah satu caranya yakni dengan menciptakan waktu berkualitas dengan anak. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan, salah satunya ialah membacakan buku cerita untuk anak. Berdasarkan informasi yang dilansir American Academy of Pediatric, membaca buku untuk anak dapat membantu perkembangan bahasa anak. Membaca buku juga memberi efek tenang dan rileks. Kita pun bisa terhindar terjebak di masa pandemi.

baca
Perkuat bonding antara ibu dan anak lewat membaca (Sumber: Pexels/Lina Kivaka)

"Membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat apalagi jika dilakukan sedini mungkin," ujar psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo dalam acara virtual yang diadakan Mama's Choice. Menurutnya, membaca buku cerita juga mempererat bonding antara ibu dan anak.

Lebih jauh Vera menuturkan kebiasaan ini dilakukan secara konsisten akan membuat emosi anak lebih tenang. Itu disebabkan, saat membacakan buku cerita bersama anak, ibu dan anak berdekatan secara fisik serta ada sentuhan fisik yang menimbulkan hormon oksitosin.

membaca
Membaca kurangi stres (Sumber: Pexels/Artem Podrez)

Hormon antistres itu membuat anak merasa dekat dengan ibunya begitu pun sebaliknya. "Kedekatan itu membuat anak tenang dan dapat menjadi salah satu faktor pendukung resiliensi terutama dalam melewati masa penuh tantangan ini," tukasnya.(avia)

BACA JUGA:

Sering Memberikan Tekanan pada Anak? Ini Akibatnya!

#Parenting #Ilmu Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan