Ibu dan Anak Berbagi Bakteri Baik saat Menyusui Proses berbagi bakteri baik terjadi saat memberikan ASI langsung (Foto: Today's Parents)

KEAJAIBAN air susu ibu memang tak perlu diragukan lagi. Baru-baru ini, sebuah studi yang dilakukan University of British Columbia dan University of Manitoba telah menemukan bahwa ibu yang menyusui bayinya berbagi bakteri baik dengan anaknya.

Proses tersebut berlangsung efektif jika ibu menyusui langsung dari payudara. Sebaliknya, memompa ASI berhubungan dengan perbedaan komposisi mikrobiota ASI dan kesehatan bayi.

Baca juga:

Cermati Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan

ASI memiliki banyak manfaat (Foto: Sentara Healthcare)
ASI memiliki banyak manfaat (Foto: Sentara Healthcare)

Penelitian yang dipublikasikan di Cell Host & Microbe menemukan bahwa bakteri tertentu termasuk Streptococcus dan Veillonella muncul bersamaan di ASI dan tinja bayi mereka. "Studi kami menegaskan bahwa ASI adalah pendorong utama perkembangan mikrobiota usus bayi," tutur penulis senior studi tersebut, Dr Stuart Turvey.

Dokter anak di BC Children's Hospital tersebut menambahkan jika timnya menemukan eksklusivitas dan durasi menyusui sangat terkait dengan komposisi mikrobiota usus bayi secara keseluruhan.

Baca juga:

Gugup lalu Mual, Ini Penjelasan dan Tips Mengatasinya

Menurut para peneliti, ini adalah studi pertama yang mengevaluasi hubungan beberapa praktik pemberian ASI (mode, eksklusivitas, dan durasi), bakteri susu, dan komponen susu dengan komposisi mikrobiota usus bayi pada berbagai titik waktu pada tahun pertama bayi.

Ada bakteri baik di dalam ASI (Foto: Parents)
Ada bakteri baik di dalam ASI (Foto: Parents)

Para peneliti menganalisis mikrobioma tinja bayi dan air susu ibu mereka menggunakan sekuensing 16S rRNA, sebuah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menentukan kelimpahan mikroba.

"Hasil ini memajukan hipotesis bahwa ASI dapat bertindak sebagai inkubator yang memperkaya, melindungi dan mengangkut bakteri tertentu ke saluran usus bayi dan ini dapat memberi kita petunjuk tentang bakteri mana yang dapat menghasilkan probiotik yang baik karena mereka tampaknya tahan dalam perjalanan ke bayi," tambah profesor di Fakultas Biokimia , Molekul Biologi, Mikrobiologi, dan Imunologi University of British Columbia, Brett Finlay. (Avia)

Baca juga:

Mengenal Lupus, Si Penyakit Seribu Wajah


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH