IBM Ingin Mengadopsi Teknologi Bitcoin FOto: facebook.com/IBM

MerahPutih Teknologi - International Business Machines Corp (IBM) sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi teknologi dasar Bitcoin, yang dikenal sebagai "Blockchain," yang menjadikan uang tunai dan pembayaran sistem digital menjadi mata uang utama. (Baca: Founder Muda Indonesia yang Lebih Sukses dari Mark Zuckerberg)

Tujuannya adalah untuk memungkinkan setiap orang mengirim uang tunai atau melakukan pembayaran instan menggunakan teknologi ini, tanpa bank atau persetujuan pihak yang terlibat, sehingga akan menghemat biaya transaksi. Transaksi akan menggunakan mata uang negara tertentu, seperti dolar atau euro, seperti dikutip dari reuters. (Baca: Google Makin Serius Jadi Provider Layanan Data)

Blockchain adalah sejenis pembukuan atau daftar semua transaksi mata uang digital. Merupakan inovasi utama teknologi bitcoin, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran anonim, langsung, dan tanpa peraturan pemerintah. (Baca: Apple Kembali Merebut Tahta iPhone dari Samsung)

Dibandingkan metode yang diterapkan bank sekarang ini yang mengandalkan server terpisah dan dikontrol oleh pegawai bank, buku besar (Blockchain) memiliki keunggulan karena terbuka dan dapat diakses oleh semua orang dalam jaringan bitcoin.

IBM adalah salah satu dari sejumlah perusahaan teknologi yang berusaha memperluas penggunaan teknologi Blockchain, selain Bitcoin. Mata uang digital yang diluncurkan enam tahun lalu ini telah menarik perhatian kalangan investor dan penggemar teknologi.


Tags Artikel Ini

Fadhli