ICE 2020

IBC dan IBrC akan Berlangsung Sengit di Indonesia Coffee Events 2020

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 25 Januari 2020
IBC dan IBrC akan Berlangsung Sengit di Indonesia Coffee Events 2020
Aturan di ICE 2020 'simple' namun ketat (Foto: Istimewa)

AJANG Indonesia Coffee Events (ICE) 2020, akan menghadirkan lima kategori kompetisi kopi yang berlangsung sengit.

Salah satu kompetisi kopi yang akan segera berlangsung di ICE 2020 ialah Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC). Kedua kompetisi itu akan dihelat di Gedung Smesco, Jakarta, pada 12-15 Februari 2020.

Baca juga:

ICE 2020 Segera Dihelat, Hadirkan 5 Kategori Kompetisi Kopi

Kompetisi yang akan diikuti barista berbakat se-Indonesia itu memiliki aturan simple namun cukup ketat. Seperti apa peraturannya?

1. IBC, memiliki tiga babak yang sengit

IBC terdiri dari tiga babak (Foto: Pexels/Porapak Apichodilok)

Peraturan dan Ketentuan IBC 2020 mengacu pada dokumen 2020 World Barista Championship Official Rules and Regulations. Para barista akan bertanding dalam tiga babak.
Babak pertama (semua peserta), babak semifinal (12 peserta dengan nilai tertinggi), dan babak final (enam peserta dengan nilai tertinggi)

Pada setiap babak, peserta diharuskan menyajikan tiga jenis minuman, yaitu espresso, milk beverage, dan signature beverage. Setiap babak akan dibatasi dengan tenggat waktu 15 menit untuk preparation time (persiapan), 15 menit untuk competition time (perlombaan), dan tujuh menit untuk clean up time (membersihkan).

Baca juga:

Jadi Juri Kompetisi Menyeduh Kopi, Hamish Daud Puji Barista Milennial karena Hal Ini

2. IBrC, memiliki dua babak yang menegangkan

IBrC terdiri dari dua babak (Foto: Pexels/Di Bella Coffee)

Peraturan dan Ketentuan IBrC 2020 juga mengacu pada dokumen 2020 World Brewers Cup Official Rules and Regulations. Ketentuan peraturan tersebut yaitu kompetisi terdiri dalam dua babak. Babak pertama diikuti oleh semua peserta dan babak final hanya diikuti oleh enam peserta dengan nilai tertinggi.

Babak pertama terdiri dari dua komponen, yaitu compulsory service dan open service. Sementara di babak final, seluruh finalis akan melakukan presentasi open service. Adapun enam peserta dengan nilai gabungan (Compulsory + Open Service) tertinggi di babak pertama berhak melaju ke babak final.

Durasi waktu perlombaan IBrC tidak jauh beda dengan IBC. Compulsory Service memiliki total tenggat waktu 15 menit yang terdiri dari delapan menit set up dan tujuh menit competition (perlombaan). Sementara Open Service juga memakan waktu 15 menit, yaitu lima menit untuk set up (persiapan) dan 10 menit untuk competition (perlombaan).

Bagaimana sahabat Merah Putih, sudah tidak sabar menyaksikan kehebatan para barista di ICE 2020? (ikh)

Baca juga:

Puluhan Peserta IBC dan IBRC Siap Bertanding di ICE 2020

#Kompetisi Kopi #Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan