I2 Sebut Popularitas Gibran dan Bobby Terdongkrak Gegara Dikaitkan dengan Jokowi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 30 Desember 2021
I2 Sebut Popularitas Gibran dan Bobby Terdongkrak Gegara Dikaitkan dengan Jokowi
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka terpilih sebagai wali kota terpegah atau terpopuler di media online dengan 28.582 berita sepanjang Tahun 2021.

Pemberitaan Gibran menjadi yang paling besar sepanjang 2021. Hal itu disampaikan Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang.

Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI) mencatat kinerja para kepala daerah sepanjang 1 Januari-19 Desember 2021, yang terekam dari 28.779.574 berita yang diekspose 6.470 media siber di Indonesia.

Baca Juga

Proyek Gibran Bikin Malioboro Solo Ditolak Pedagang


I2 menobatkan 10 nama kepala daerah di Tanah Air sebagai Wali Kota dan Bupati Terpegah dan Paling Berpengaruh 2021 di media massa serta media sosial, termasuk Gibran.

Popularitas Gibran terdongkrak karena kerap dikait-kaitkan dengan ayahnya, Presiden Joko Widodo.

"Sidak yang kerap dilakukan Gibran saat mengontrol jalannya pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah sekolah, blusukan ke pasar, serta mengawal penyaluran vaksinasi COVID-19 mengisi varian pemberitaan," kata Rustika saat memaparkan hasil riset bertajuk "Wali Kota dan Bupati Terpegah dan Berpengaruh 2021", Kamis (30/12).

Menurut dia, umumnya para Wali Kota Terpegah dan Berpengaruh 2021 itu dikutip dan diberitakan melalui penanganan COVID-19 gelombang kedua di daerahnya masing-masing.

Baca Juga

ASN Nekat Pakai Mobdin untuk Mudik Nataru, Gibran: Difoto dan Kirimkan ke Saya

Diantaranya dalam upaya memperketat prokes melalui PPKM, kebijakan ganjil genap kendaraan dan penutupan jalan, pembelajaran tatap muka (PTM), ketersediaan ranjang rumah sakit/obat/oksigen hingga bantuan COVID-19.

"Dan percepatan penyaluran vaksinasi COVID-19 selain masalah-masalah terkait pemulihan perekonomian daerah," kata Rustika

Selain itu, menurut Rustika, media memberi sorotan terhadap aksi "nyeleneh" Gibran membagi-bagikan beras menggunakan kendaraan pribadi untuk urusan di luar pekerjaan dan cara berjalannya. Kabar Gibran positif COVID-19 hingga harus menjalani isolasi mandiri tidak luput dari perhatian media.

Posisi kedua Wali Kota Terpegah 2021 ditempati Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan 23.496 berita.

"Sama halnya dengan Gibran, pamor Bobby sering dikaitkan dengan posisi mertuanya, Presiden Jokowi. Meski demikian, media banyak merekam aktivitas positif Bobby di dunia olahraga, kepedulian terhadap UMKM, hingga hubungan panas dingin dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi," kata Rustika.

Wali Kota Bogor Bima Arya menjadi Wali Kota Terpegah ketiga dengan 21.144 berita. Bima Arya mendapat ruang pemberitaan paling besar di media seiring dengan kebijakannya menangani pandemi COVID-19.

Baca Juga

Viral Sopir BST Chat WhatsApp "Sayang" pada Penumpang, Gibran Murka

Bima Arya mendapat atensi dari upaya pemulihan ekonomi melalui kekuatan promosi UMKM dan kerja sama penyerapan investasi. Di sisi lain perseteruannya dengan Rizieq Shihab juga mendapat perhatian besar dari proses hukum yang berjalan atas kasus tes swab RS UMMI.

Posisi keempat Wali Kota Terpegah ditempati oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi 19.389 berita. Wali Kota Batam Muhammad Rudi menduduki posisi kelima dengan 17.567 berita. Peringkat keenam hingga sepuluh masing-masing ditempati oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus 13.272 berita, Wali Kota Bandung almarhum Oded M Daniel 12.836 berita, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto 12.235 berita, Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah 11.541 berita dan Wali Kota Malang Sutiaji 10.367 berita. (*)

#Gibran Rakabuming #Bobby Nasution #Presiden Jokowi
Bagikan
Bagikan