Teknologi
I-Boy, Alat Pendeteksi Korban Bencana Buatan ITS Pencarian korban bencana lebih optimal menggunakan serangga. (Foto: Antara)

BENCANA yang kerap melanda Indonesia, kemudian memuclkan ide untuk mempercepat pencarian korban. Maka hadirlah alat pendeteksi korban bencana menggunakan serangga. I-BOY, nama alat pendeteksi tersebut yang ditemukan oleh Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Ketua Tim Spektronics, Michael Adrian Subagio mengatakan, awal ide inovasi ini dari banyaknya serangga yang ada di Indonesia, sebagai negara tropis. Serangga ini bisa dimanfaatkan sebab berdaya cium atau endus yang luar biasa.

Baca Juga:

Jenius, Para Bintang K-Pop ini Memiliki IQ di Atas Rata-Rata

gempa
Pencarian korban bencana alam biasanya memakan waktu. (Foto: Antara)

"Kalau pakai anjing butuh waktu paling enggak sebulan. Kalau pakai serangga bisa langsung," ungkap Michael di Surabaya, Jumat (22/01/2021).

Ia menambahkan, penggunaan serangga sebagai pendeteksi keberadaan manusia korban bencana ini lebih efektif dibanding menggunakan anjing. Ukuran serangga kecil mempermudah masuk ke sela-sela kecil, apalagi di tempat reruntuhan bencana gempa.

Sementara ini, timnya hanya membuat sistem untuk serangga jenis kecoa dan kumbang. Sistem ini bekerja dengan memasang perangkat elektronik pada serangga hidup sebab dianggap lebih fleksibel dan bergerak sesuai kemampuannya sendiri.

"Untuk itu, kenapa pakai serangga asli dan bukan pakai robot mikro, karena nggak perlu tenaga tambahan seperti baterai atau perlu supply power," jelasnya.

Penggunaan Internet of Thing (IoT)

Bagi Michael, serangga itu harus dipasangi perangkat elektronik. Namun, pemasangannya tak menyakiti serangga tersebut. Penambahan perangkat hanya berupa backpack kecil yang diletakkan di atas serangga. Dari perangkat ini tim penyelamat bisa menangkap informasi tambahan di lokasi kejadian.

"Saat pengoperasian digunakan Internet of Things (IoT) berupa bluetooth sehingga gerakan serangga lebih terintegrasi. Menggunakan bluetooth dan perangkat amplifier tambahan untuk memperkuat sinyal, serangga-serangga tersebut diharapkan mampu mendeteksi korban bencana di lokasi yang sempit," paparnya.

Michael menyebut ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan manusia dengan inovasinya ini. Pertama, menggunakan kemampuan alamiah serangga itu sendiri.

Baca Juga:

Maxis Umumkan Purwarupa The Sims 5 Gunakan Unreal Engine

serangga
Memanfaatkan kemampuan membau serta kemampuan deteksi suhu. (Foto: Unsplash/Fleur)

"Kita manfaatkan kemampuan membau serta kemampuan deteksi suhu serangga untuk mendeteksi keberadaan manusia akan lebih mudah," tutur Michael.

Cara lainnya yakni dengan memanfaatkan mikrofon dan kamera berukuran mikro yang terpasang pada perangkat. Dengan memanfaatkan perangkat mikro ini, bisa melakukan live streaming. Operator juga nantinya bisa mengarahkan.

Pemanfaatan bluetooth untuk mendeteksi keberadaan serangga dan melakukan transmisi data masih ada kekurangan. Akurasi penelitian yang sudah ada sebelumnya tidak mencapai 100 persen. Sehingga untuk memperoleh akurasi tinggi perlu dilakukan banyak riset.

"Semoga akan ada lebih banyak riset untuk inovasi ini kedepannya, sebab ini masih tahapan awal," pungkas Michael. (Andika Eldon/Surabaya)

Baca Juga:

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Komunikasi Bersama Hantu di Ekspansi Terbaru 'The Sims 4 Paranormal Stuff Pack'
Fun
Jam Meja Batmobile Super Mewah
Hiburan & Gaya Hidup
Jam Meja Batmobile Super Mewah

Seperti apa ya tampilannya?

Double Diamond, Domba Termahal di Dunia
Fun
Double Diamond, Domba Termahal di Dunia

Terjual di lelang di Skotlandia.

Cuka Apel Mampu Turunkan Berat Badan, Asalkan...
Fun
Cuka Apel Mampu Turunkan Berat Badan, Asalkan...

Banyak orang mencoba menurunkan berat badan dengan mengonsumsi cuka apel.

Benarkah Uang Bisa Menularkan Virus Corona?
Fun
Benarkah Uang Bisa Menularkan Virus Corona?

Ada informasi yang membuat banyak orang bimbang, yakni uang bisa menjadi media penyebaran virus.

Kolaborasi TWICE dan K/DA Rilis pada November 2020
ShowBiz
Kolaborasi TWICE dan K/DA Rilis pada November 2020

Riot Game menggandeng TWICE berkolaborasi dengan K/DA pada akhir November 2020.

Bagaimana Kalau Kita Terlalu Banyak Minum?
Fun
Bagaimana Kalau Kita Terlalu Banyak Minum?

Minum terlalu banyak membuat tubuh keracunan.

Final Fantasy XIV Hadir di PlayStation 5 pada April 2021
Fun
Final Fantasy XIV Hadir di PlayStation 5 pada April 2021

Dengan penambahan tekstur, dan juga untuk optimisasi frame rate.

Penelitian: COVID-19 Bisa Bertahan di Layar Ponsel Selama 28 Hari
Fun
Penelitian: COVID-19 Bisa Bertahan di Layar Ponsel Selama 28 Hari

Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa Virus Corona bisa bertahan di permukaan yang halus seperti ponsel pintar, permukaan logam, dan uang kertas hingga 28 hari

Cara Ampuh Dongkrak Semangat Kerja Usai Lebaran
Fun
Cara Ampuh Dongkrak Semangat Kerja Usai Lebaran

Di saat libur lebaran selesai, kamu harus memompa kembali semangat bekerja