Otomotif

Hyundai Klaim Ioniq 6 Bisa Tempuh 614 Km Sekali Charge

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 06 Oktober 2022
Hyundai Klaim Ioniq 6 Bisa Tempuh 614 Km Sekali Charge
Jarak tempuh Hyundai Ioniq 6 saingi Tesla Model 3. (Foto: Hyundai)

PABRIKAN otomotif Korea Selatan Hyundai baru saja meluncurkan Ioniq 6, penerus Ioniq 5 yang cukup sukses di Indonesia. Peluncuran mobil itu juga menjadi wujud tindak lanjut Hyundai terhadap mobil listrik konsep Prophecy 2020. Demkian lapor Motor1, Rabu (5/10).

Mobil itu mengadopsi konsep desain yang cukup unik, yakni terdapat garis desain yang seolah melengkung ke bawah bila ditarik dari bagian depan hingga ke belakang. Namun, desain itu bukan sekadar untuk gaya-gayaan saja, sebab Hyundai ingin menurunkan koefisien dragnya menjadi 0,21.

Bodi nan ramping yang didesain Hyundai itu ternyata memang membuahkan hasil, sebab Ioniq 6 diklaim mampu mencetak jarak tempuh yang cukup mengesankan, yakni 614 km. Namun, tak semua Ioniq 6 bisa mencapai jarak tempuh itu, sebab hanya tipe tertinggi Long Range yang bisa melakukannya.

Baca juga:

Hyundai Rilis Harga Resmi Mobil Listrik IONIQ 5

Desain unik untuk turunkan nilai koefisien drag. (Foto: Hyundai)

Hyundai Ioniq 6 Long Range diperkuat baterai 77,4 kWh, dengan penggerak dua roda dan pelek 18 inci. Bila kamu upgrade ke pelek berukuran 20 inci, angka jarak tempuh mobil itu justru bisa berkurang dengan signifikan, yakni menjadi 545 km saja.

Jika kamu menginginkan varian yang lebih gahar, bisa membeli varian AWD dengan pelek lebih kecil yang mampu menempuh jarak maksimum hingga 583 km. Mengubah ukuran pelek menjadi lebih besar justru menurunkan angka tempuhnya menjadi 519 km.

Tipe standar mobil ini juga tersedia dengan paket baterai 53 kWh, penggerak dua roda, dan pelek 18 inci. Baterai yang lebih kecil tentu memiliki jangkauan yang lebih pendek, yakni hanya mampu mencapai jarak tempuh terjauh 429 km.

Baca juga:

Hyundai IONIQ 5 Raih Penghargaan World Car of the Year 2022

Interior nyaman nan futuristis. (Foto: Hyundai)

Terlepas dari semua angka-angka itu, satu hal yang pasti ialah Hyundai Ioniq 6 telah mengalahkan Tesla Model 3 yang punya jangkauan maksimum 602 km. Kendati demikian, banyak hal yang bisa memengaruhi jarak tempuh, seperti gaya mengemudi, lalu lintas, suhu, kontur jalan, dan sebagainya.

Keunggulan Ioniq 6 tak berhenti hanya sampai di situ, sebab sedan baru asal negeri ginseng itu mampu mengisi ulang baterai dengan sangat singkat menggunakan pengisian daya ultra-cepat 800V. Hanya butuh waktu 15 menit untuk mengisi daya 0 ke 80%.

Kapasitas baterai 80% itu juga sudah bisa untuk menempuh jarak maksimum hingga 351 km. Jarak itu sudah mirip dengan apa yang biasanya bisa dilakukan oleh mobil berbahan bakar bensin. Waktu pengisian daya yang makin singkat juga membuat mobil listrik kini semakin menarik. (waf)

Baca juga:

Agar Baterai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Tahan Lama

#Mobil Listrik #Hyundai
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan