Hyoyeon Ungkap Beratnya Menjadi Trainee di SM Entertainment

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 05 Agustus 2021
Hyoyeon Ungkap Beratnya Menjadi Trainee di SM Entertainment
Hyoyeon berbagi cerita saat ia masih menjadi trainee di SM Entertainment. (Foto: Koreaboo)

MENJADI seorang Idola K-Pop bukanlah hal yang mudah. Akan banyak hal yang akan dilalui, misalnya jadwal yang padat dan terkadang membuat stres bagi sebagian idola. Bahkan sebelum debut, mereka juga sudah merasakan hal ini.

Seperti yang dirasakan Girl Generation Hyoyeon. Belum lama ini, ia muncul di salah satu video di kanal YouTube SM Entertainment bersama dengan personil Super Junior, Shindong dan YouTuber Quaddurup, dilansir dari laman Koreaboo.

Baca juga:

Desain BTS untuk Trunk Ikonik LV

Mereka bertiga sedang membicarakan pandangan pertama Hyoyeon tentang para anggota, kemudian membahas tentang lagu baru Hyoyeon, dan masih banyak lagi. Bagian terpentingnya yakni ia membicarakan seperti apa menjadi trainee di SM Entertainment.

Terdapat satu poin yang Hyoyeon ungkapkan yakni, saat bermain scooter, ia masih berusia 12 tahun. Ketika Shindong bertanya ia kemana, Hyoyeon menjelaskan bahwa terdapat kedai teh boba yang bisa dikunjungi oleh Trainee. Ia mengungkap bahwa perusahan yang dinaungi itu memang sangat keras dan tidak ada lagi rahasia.

Secara blak-blakan ia mengungkap agensinya itu sangat ketat di masa traineenya. (Foto: Instagram/@Hyoyeon_X_X)
Secara blak-blakan ia mengungkap agensinya itu sangat ketat di masa traineenya. (Foto: Instagram/@Hyoyeon_X_X)

"Kita pergi ke XXX dan membeli teh peach boba. Tapi, kita akan habis jika kita ketahuan, dan kita harus menulis surat pembenaran. Kita tidak akan diperbolehkan pergi keluar," ujar Hyoyeon.

Shindong sebagai personil grup yang dinaungi oleh SM Entertainment juga setuju bahwa saat trainee, mereka tidak diizinkan untuk pergi keluar. Hyoyeon juga menambahkan, treainee boleh keluar asalkan ada hal rutin yang perlu lakukan.

Baca juga:

5 Idola K-Pop Perempuan yang Jadi Penerus Aktris Bae Suzy

Perjalanan Hyoyeon sebelum debut tidak mudah. Ia menjalani masa pelatihan selama tujuh tahun. Walaupun begitu, di sisi lain ia tidak pernah berpikir untuk meninggalkan perusahaan itu saat itu. Namun itu tergantung dukungan yang mereka berikan kepada Hyoyeon.

Ia juga mengatakan bahwa "Perusahaan mendukung saya dengan banyak hal. Kita mengambil kelas akting, kelas bahasa, membaca pengelihatan, dan juga artikulasi musik."

Meskipun begitu, ia tidak pernah berpikir untuk meninggalkan agesninya. (Foto: Instagram/@Hyoyeon_X_X)
Meskipun begitu, ia tidak pernah berpikir untuk meninggalkan agesninya. (Foto: Instagram/@Hyoyeon_X_X)

Terlepas dari kesuksesan grupnya, tidak bisa dihindarkan bahwa SM Entertainment benar-benar ketat dengan pada trainee. Meskipun mungkin beberapa orang berkata SM Entertainment membantu artisnya dalam waktu yang lama, tapi itu adalah langkah yang ekstrim dan hal tersebut masih dihadapi oleh trainee saat ini.

SM Entertainment termasuk dalam industri musik terbaik "Big Four" di Korea Selatan. Pengelola agensi ini adalah Lee Soo Man. Agensi ini menaungi grup Idola K-Pop seperti Super Junior, Girl Generation, EXO, F(X), NCT 127, NCT Dream, AESPA dan masih banyak lagi. (Cil)

Baca juga:

5 Perempuan Kuat dari K-Drama Favorit Kamu

#Musik #KPop #Kpop Idol
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan