Hutan Bambu, Wilayah Konservasi yang Jadi Objek Wisata Instagramable Hutan bambu nan asri jadi tujuan wisata yang Instagramable. (foto: Instagram @riskisapada)

DI negara tropis seperti Indonesia, bambu tumbuh subur. Beberapa daerah di Indonesia bahkan punya kawasan hutan bambu yang asri. Hutan bambu tersebut memang dijaga kelestariannya. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) bersama mitra, termasuk masyarakat, organisasi lingkungan, dan pemerintah daerah telah mengembangkan potensi hutan bambu sebagai tanaman pelindung bagi ekosistem dan konservasi sumber daya air baku di Indonesia. Pengembangan hutan bambu sebagai tanaman alternatif dinilai cukup bermanfaat bagi konservasi dan perlindungan sumber daya air baku.

Tanaman bambu memang kaya manfaat. Daun bambu banyak dimanfaatkan untuk bungkus penganan, biasanya berupa kue. Sementara itu, batang tanaman beruas-ruas ini dimanfaatkan menjadi tiang rumah, dinding, bahkan kerajinan tangan. Tak ketinggalan, tunas muda tanaman bambu yang disebut rebung bisa dimasak jadi hidangan lezat.

Belakangan, tak hanya tanaman bambu yang multimanfaat. Hutan bambu nan asri pun bisa mendatangkan wisatawan untuk berkunjung. Sejumlah hutan bambu yang asri memberikan oase bagi pelancong. Semilir angin dan rindangnya bambu membuat wisata hutan bambu amat menyejukkan. Selain itu, berjalan-jalan di tengah hutan bambu membuat kamu berasa di Tiongkok. Foto-foto pun jadi terlihat Instagramable. Ah, indahnya.

Tertarik berkunjung ke hutan bambu di kota kamu? Berikut Merahputih.com rangkum 5 hutan bambu cantik nan Instagramable di Indonesia.


1. Hutan Bambu Desa Penglipuran

hutan bambu desa penglipuran
Hutan Bambu Desa Penglipuran yang adem. (foto: Instagram @nie.marcello)

Desa wisata terkenal di Bali ini punya keunikan berupa rumah dengan pintu yang seragam. Tak hanya itu, setiap rumah di Desa Penglipuran, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, ini punya taman di halaman rumah dengan jalanan yang bersih terjaga.

Di bagian atas desa, tepatnya di belakang bangunan pura, ada sebuah hutan bambu nan asri. Kamu bisa masuk menikmati asrinya hutan bambu di sana dengan hanya membyar Rp 10 ribu. Sama seperti bagian desa lainnya, kebersihan di hutan bambu ini juga amat dijaga. Bahkan satu daun kering yang jatuh pun dibersihkan setiap hari. Yang bikin makin asyik, cuaca di desa itu amat sejuk lo.

2. Taman Wisata Boon Pring

taman wisata boon pring
Taman Wisata Boon Pring yang tersembunyi di daerah pegunungan. (foto: Instagram @aisyahasaa)

Kabupaten Malang juga punya hutan bambu yang cantik. Tersembunyi di daerah pegunungan, ada Taman Boon Pring yang menjadi rumah berbagai jenis bambu. Bambu petung, bambu petung hitam, bambu apus, bambu tutul, bambu ampel, bambu wulung, bambu kuning, bambu pagar, bambu budha, bambu amplex, bambu embong, hingga bambu angus tifolis semua tumbuh di hutan bambu yang terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, ini.

Keasrian hutan bambu seluas 25 hektare ini juga diperindah dengan danau. Di bagian tengah danau ada sebuah pulau kecil yang bikin tempat ini makin unik. Jadi selain menikmati kerindangan hutan bambu, kamu bisa berenang atau mengayuh perahu di danau.

3. Hutan Bambu Surabaya

hutan bambu keputih
Hutan Bambu Keputih. (foto: Instagram @jokowarsito)

Di kawasan Keputih, Surabaya, ada hutan bambbu yang begitu rindang yang sejuk. Jalan-jalan setapaknya masih berupa tanah dan penuh dengan daun bambu kering yang berjatuhan. Dengan pemandangan yang keren, Hutan Bambu Keputih ini cocok kamu datangi di saat penat sedang mendera tapi tak punya cukup waktu untuk berkelana.

Kalau sekarang hutan bambu ini terlihat asri, dulunya tempat ini merupakan lokasi pembuangan sampah. Atas inisiatif Pemerintah Kota Surabaya, tempat itu pun diubah menjadi kawasan konservasi bambu yang hijau.


4. Hutan Bambu Magelang

kampung bambu klatakan
Kampung Bambu Klatakan di Magelang. (foto: Instagram @kampung_bambu_klatakan)

Kalau plesir ke Magelang, jangan hanya menengok Borobudur. Melipir dikit ke Dusun Bojong, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, yang terletak sekitar 5 km saja dari Borobudur. Di sana, ada Kampung Bambu Klatakan yang dipenuhi berbagai tanaman bambu yang menjulang tinggi dan berdaun lebat.

Cicipi kuliner tradisional di Kampung Bambu Klatakan. (foto: Instagram @kampung_bambu_klatakan)

Akses ke kampung itu pun cukup mudah. Kamu bisa ke tempat itu dengan mengendarai mobil atau sepeda motor. Karena wisatawan yang datang semakin banyak, Kampung Bambu menyediakan beberapa fasilitas, seperti penjual makanan tradisional yang amat lezat. Selain itu, Kampung Bambu Klatakan juga menerima wisatawan untuk paket outbond, pesta, pertemuan, rafting, bahkan foto prewedding. Saat kamu berkunjung, bertahanlah sampai waktu matahari terbenam, kamu akan melihat fenomena alam yang memesona.


5. Hutan Bambu Sumbermujur

hutan bambu sumbermujur
Hutan Bambu Sumbermujur. (foto: Instagram @nrwt)

Kabupaten Lumajang amat kaya dengan hutan yang masih asri. Hutan bambu yang terletak di Desa Wisata Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, salah satunya. Di hutan bambu itu ada sebuah sumber mata air yang airnya dimanfaatkan warga untuk mengaliri pertanian.

Hutan asri ini pas banget untuk jadi tujuan wisata keluarga. Pasalnya, selain hawa yang sejuk, ada juga kolam untuk mandi yang airnya berasal mata air kaki Gunung Semeru. Namanya juga hutan, tentunya banyak fauna berkeliaran di objek wisata ini. Ada populasi kelelawar dan kera yang bisa diajak bercengkrama oleh pengunjung.

Biar makin lengkap, ada juga sajian kuliner khas Lumajang yang berbahan dasar tumbuhan bambu muda. Lezat.

Indah ya hutan bambu milik Indonesia. Menyusuri hutan bambu itu pasti bikin kamu berasa di luar negeri deh. Buruan berkunjung.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH