HUT RI, Pasar Digital UMKM Bakal Diluncurkan Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: setkab.go.id).

MerahPutih.com - Program Pasar Digital (PaDi) UMKM bakal diluncurkan pada 17 Agustus 2020 atau bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-75. Platform ini, upaya Kementerian BUMN memberi ruang kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menjadi pemasok dan vendor bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Adanya platform ini, bikin proyek-proyek bernilai Rp250 juta hingga Rp14 miliar tidak lagi dilaksanakan oleh BUMN, namun akan dilaksanakan oleh UMKM. Saat ini, terdapat 72.189 UMKM penyedia dengan rata-rata nilai proyek per UMKM sebesar Rp250 juta. Paling tidak, belanja modal yang bisa diserap UMKM Rp18 triliun.

Baca Juga:

5 Kereta Api Ini Dapat Potongan Harga Tiket Jelang HUT RI

"Saya sudah mengeluarkan peraturan menteri, BUMN tidak boleh saling tender. Ini kita prioritaskan untuk UMKM. Ini saya rasa cukup besar untuk keberpihakan kepada UMKM," ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Paling tidak, terdapat delapan kelompok kegiatan belanja, yaitu material kontruksi, pengadaan sewa peralatan mesin, jasa konstruksi renovasi, jasa perawatan dan mesin, jasa ekspedisi dan pengepakan, jasa advertising, pengadaan penyewaan furniture, catering dan snack. Kementerian BUMN, berencana melebarkan pada enam jasa yang bisa diambil BUMN.

Ilustrasi produk UMKM. (Foto: Antara)

"Yang menarik nanti para pemenangnya ini juga bisa dibantukan pendanaan dari Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), yang utama BRI untuk mendukung program ini. Jadi, mereka sudah dapat kontrak, sudah ada kepastian pembayaran, nah nanti BRI mem-backup. Ini program akan meluncur di 17 Agustus," ujarnya. (ARR)

Baca Juga:

Pandemi COVID-19, Perjalanan Dinas Dominasi Penerbangan


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH