HUT ke-72 RI, PDIP: Kemerdekaan Harus Berpijak pada Kekuatan Sendiri

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 17 Agustus 2017
HUT ke-72 RI, PDIP: Kemerdekaan Harus Berpijak pada Kekuatan Sendiri
Upacara bendera HUT RI ke-17 oleh DPP PDIP di Jakarta, Kamis (17/8). (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Memperingati HUT RI ke-72, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar upacara bendera bersama komplemen partai dan masyarakat sekitar Kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (17/8).

Selain itu, peringatan juga diramaikan dengan berbagai kegiatan bernuansa nusantara, seperti perlombaan panjat pinang, balap enggrang hingga makan kerupuk.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan kemerdekaan bangsa merupakan hasil perjuangan patriotik yang berdiri kokoh pada kekuatan bangsa sendiri.

"Sebelum membacakan teks proklamasi Bung Karno menyampaikan pidato singkat yang intinya, hanya bangsa yg berani meletakkan nasibnya di tangan sendiri akan berdiri dengan kokohnya," katanya kepada awak media, Kamis (17/8).

Berdasarkan itu, PDI Perjuangan menempatkan jalan kemerdekaan untuk masyarakat adil dan makmur dengan menggelorakan semangat berdikari, semangat percaya diri dan mengajak seluruh pemuda bangsa untuk berjuang menggelorakan nasionalisme agar hadir sebagai bangsa pelopor untuk Indonesia dan dunia.

"Kemerdekaan adalah manifesto pembebasan. Bebas dari penjajahan, bebas dari penindasan dan bebas menentukan nasib bangsa di tangan kita sendiri," imbuhnya.

Mengakhiri pesannya, Hasto mengucapkan dirgahayu kemerdekaan RI ke-72. "Proklamasi Kemerdekaan RI adalah satu nafas perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia Raya," tandasnya. (Fdi)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Upacara HUT RI: Djarot Inspektur, Edy Marsudi Baca Teks Proklamasi

#HUT RI Ke-72 #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan