HUT RI Harus Jadi Momentum Berikan Sentuhan Pada Daerah Wakil Ketua MPR Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. (Foto: MPR).

MerahPutih.com - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, harus adi momentum bagi pemerintah untuk lebih memperhatikan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di berbagai wilayah di Indonesia.

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menilai potensi yang ada di masyarakat terutama yang berada di wilayah pedesaan, daerah kepulauan, dan pesisir, perlu diseriusi dan dikembangkan.

"Selama ini masyarakat di sana kurang mendapat sentuhan, padahal potensi yang ada di pedesaan, daerah kepulauan, dan pesisir, sangat melimpah," kata Jazilul.

Baca Juga:

Libur HUT RI, Ribuan Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Ia mengatakan, apabila wilayah itu disentuh dan diseriusi untuk dikembangkan bangsa Indonesia bisa seperti yang digambarkan dan dicita-citakan para pendiri bangsa, adil, makmur, dan merata dan bertambahnya cintanya rakyat kepada bangsa dan negara Indonesia.

"Persatuan dan kesatuan akan tumbuh subur bila rasa keadilan, kemakmuran, merata dan ada di tengah-tengah rakyat," ujarnya.

Pengukuhan Paskibraka
Pengukuhan Paskibraka. (Foto: setkab.go.id)

Jazilul yang biasa disapa Gus Jazil itu menilai globalisasi yang terjadi saat ini penuh dengan tantangan seperti budaya asing, kekuatan ekonomi yang liberal, dan faktor yang lain akan saling mempengaruhi dan apabila suatu negara tidak memiliki identitas yang kuat, bisa terseret atau larut dalam arus global.

Menurut dia, untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, identitas bangsa Indonesia harus diperkuat, yaitu, menebalkan rasa persatuan dan kesatuan dam menciptakan kemakmuran dan keadilan yang merata, serta tegas dan berani menolak paham atau budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"MPR menanamkan hal demikian, melalui Sosialisasi Empat Pilar yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Baca Juga:

Istana Ungkap Tiga Hal yang Jadi Perhatian Saat Upacara HUT RI


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH