HUT RI, Gus Ipul Gelar Liga Tarkam Saat Pandemi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 27 Agustus 2021
HUT RI, Gus Ipul Gelar Liga Tarkam Saat Pandemi
Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan. (Foto: Pemkot Pasuruan)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Pasuruan bakal gelar kompetisi Liga Tarkam Kemerdekaan yang diikuti setiap kelurahan di Kota Pasuruan.

Liga kompetisi ini terselenggara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Dan jumlah pesertanya pun diberlakukan pembatasan.

Baca Juga:

Ini Daftar 214 Koruptor Yang Dapat Remisi HUT RI

"Liga tarkam pertama ini untuk sementara dibatasi hanya 16 Kelurahan dulu, lalu selanjutnya untuk kompetisi berikutnya akan di ikuti oleh 34 Kelurahan," ujar Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Rabu (25/08/2021).

Ia menambahkan, diharapkan Liga Tarkam ini untuk membangkitkan gelora semangat olah raga masyarakat. Apalagi pandemi saat ini yang memerlukan imun yang maksimal.

"Misinya membangkitkan semangat olah raga di masa pandemi dengan liga tarkam kemerdekaan antar kelurahan ini digelar tanpa penonton dan kalau ada yang tawuran langsung saja dicoret," tegas Gus Ipul.

Pelaksanaan Liga Tarkam pertama di Indonesia ini, Gus Ipul mengumpulkan Camat dan Lurah untuk berkoordinasi menyiapkan agenda tersebut. Gelaran ini direncanakan akan digelar September depan yang akan dipusatkan di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan.

Sebelum Liga Tarkam kick off, panitia akan melakukan kerja bakti gabungan dari unsur kelurahan untuk melakukan pengecatan stadion. Kompetisi ini akan dilaksanakan pada pagi dan sore hari. Khusus laga di malam hari, Gus Ipul siap mendatangkan lampu penerangan dengan meminjam pada Yon Zipur 10.

"Terkait pelaksanaannya itu bisa pagi hari lalu bisa sore hari dan kalau malam saya siap mendatangkan lampu penerangan dari Yon Zipur 10. Acara ini akan tayang live di YouTube Ramapati," ucap Gus Ipul.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Pasuruan Basuki mengutarakan, pembentukan klub di setiap kelurahan untuk memperkuat tali silaturahmi dan menciptakan dan menjaring bibit pemain sepakbola. Berikutnya akan ditingkatkan pembinaan, prestasi baik di laga tingkat provinsi ataupun nasional.

Wali Kota Pasuruan Gus Ipul. (Foto: Humas Kota Pasuruan)
Wali Kota Pasuruan Gus Ipul. (Foto: Humas Kota Pasuruan)

"Karena untuk kompetisi pertama ini cuma 16 tim Kelurahan maka kelurahan yang belum ikut bisa melebur dengan Kelurahan yang ikut kompetisi tapi kedepan setiap Kelurahan harus punya club sepak bola sendiri-sendiri," ungkap Basuki.

Untuk teknis pertandingan, panitia akan membicarakan hal ini lebih lanjut baik tentang bon pemain, usia, dan tata cara aturan yang lainnya.

Ada 16 tim yang akan berkompetisi di liga tarkam kemerdekaan ini antara lain, Kelurahan Krapyakrejo, Kebonagung, Sekargadung, Mandaranrejo, Tembokrejo, Bukir, Petahunan, Gadingrejo, Sebani, Purutrejo, Sekargadung, Blandongan, Ngemplakrejo, Randusari, Trajeng, Kebonsari, dan Cadangan Panggungrejo. (Andika Eldon / Jawa Timur )

Baca Juga:

Rayakan HUT RI, BUMD DKI Jakarta Beri Potongan Harga Sembako dan Daging

#HUT RI #17 Agustus #Hari Kemerdekaan
Bagikan
Bagikan