HUT ke-76 TNI AU, Kasau Minta Prajurit Jadi Teladan Bagi Masyarakat

Mula AkmalMula Akmal - Sabtu, 09 April 2022
HUT ke-76 TNI AU, Kasau Minta Prajurit Jadi Teladan Bagi Masyarakat
Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (Foto: Twitter @tniau)

MerahPutih.com - Tepat hari ini, TNI Angkatan Udara (AU) memperingati hari ulang tahun ( HUT ) ke-76.

Tema HUT ke-76 TNI AU adalah “Dengan Dilandasi Semangat Swa Bhuwana Paksa TNI Angkatan Udara, Siap Menjaga Keamanan Wilayah Udara dan Mendukung Program Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Sosial".

Baca Juga:

Pasukan Elit TNI AU Berubah Nama

Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 TNI AU pada 2022 di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Sabtu.

"Seiring dengan perjalanan bangsa, TNI AU telah tumbuh menjadi organisasi yang semakin modern, dan semakin dicintai oleh rakyat," kata dia, dalam sambutan saat menjadi inspektur upacara HUT ke-76 TNI AU di Lapangan Dirgantara AAU Yogyakarta, Sabtu.

Yogyakarta, bagi TNI AU, memiliki tempat yang sangat istimewa karena banyak sekali jejak sejarah dan kiprah TNI AU berasal dari kota budaya dan perjuangan itu.

Pada masa damai, TNI AU senantiasa berpatroli udara menjaga kedaulatan bangsa di udara dengan seluruh aspeknya, melaksanakan operasi militer selain perang di wilayah-wilayah terkena bencana alam, mendukung penuh upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19, dan lain sebagainya.

Juga melaksanakan amanat Preambul UUD 1945, di antaranya menegakkan diplomasi Indonesia dari aspek militer, menjalankan peran dan falsafah bangsa di kancah dunia berupa prinsip non blok, hingga mendukung misi perdamaian dunia dimana Indonesia terlibat aktif sebagai komponen di dalamnya.

Pencapaian itu, kata dia, tidak lain adalah atas limpahan rahmat dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus berkat pengabdian yang tulus dari seluruh personil dan keluarga besar TNI AU dari masa ke masa.

Oleh karena itu, Fadjar mewakili TNI AU menyampaikan rasa hormat serta apresiasi tertinggi kepada para senior, dan para pendahulu yang telah menjalankan pengabdian secara paripurna, sehingga TNI AU dapat berkembang hingga kini.

Dalam amanatnya, dia juga menggugah semangat dan rasa syukur atas kondisi bangsa Indonesia yang perlahan memulih dari ujian pandemi Covid-19, sehingga seluruh keluarga besar TNI AU dapat kembali bersama mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 dengan tertib dan hikmat.

Ia mengajak peserta upacara untuk sekilas melihat kembali berbagai peristiwa dalam satu tahun terakhir, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah mengakibatkan disrupsi sosial hingga ekonomi yang menyentuh ke hampir seluruh lapisan masyarakat.

"Indonesia masih berhadapan dengan berbagai bencana alam yang menguji keutuhan bangsa ini, seperti erupsi Gunung Semeru, bencana banjir Jayapura dan gempa bumi di Pasaman Barat, bahkan dari sisi eksternel konflik antara Ukraina dan Rusia yang mempengaruhi stabilitas global, sedikit banyak turut memberikan dampak terhadap stabilitas nasional," kata penerbang militer itu.

Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, ketika mengecek pasukan upacara sesaat sebelum memulai Upacara HUT ke-76 TNI AU. (Foto: Antara)
Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, ketika mengecek pasukan upacara sesaat sebelum memulai Upacara HUT ke-76 TNI AU. (Foto: Antara)

Kendati demikian, bangsa harus bersyukur di tengah berbagai ujian bangsa ini, TNI AU mampu hadir mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana alam, program vaksinasi Covid-19, mobilisasi udara untuk bantuan sosial, dan evakuasi WNI dari Ukraina, disamping itu TNI AU juga mengharumkan nama bangsa.

Ia juga mengingatkan, dalam Rapat Pimpinan TNI/Polri beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi memberikan penekanan bahwa untuk kembali pulih bangsa Indonesia membutuhkan kedisiplinan nasional dengan berkiblat pada institusi TNI/Polri.

"Saya yakin setiap personil TNI AU mampu menjadi suri teladan yang baik bagi masyarakat, dengan demikian TNI AU dapat turut berperan dalam mendukung program pemerintah dan memulihkan perekonomian nasional seraya menjaga keamanan udara wilayah Tanah Air yang kita cintai," katanya.

Ia mengatakan, bangsa ini membutuhkan kehadiran keluarga besar TNI AU untuk saling bergotong-royong dengan dilandasi jiwa kedisiplinan yang inspiratif, sehingga dengan momentum HUT TNI AU tahun ini dapat menjadi titik lepas landas institusi ini untuk menuju masa depan yang semakin baik.

Mengakhiri sambutan, dia berpesan kepada seluruh perwira, bintara, tamtama dan PNS TNI AU di manapun berada, yang pertama agar memperkokoh keimanan dan ketakwaan sebagai pondasi utama dalam setiap darma bakti kepada Tanah Air Indonesia.

Kedua, tingkatkan disiplin pribadi sehingga dapat menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitar, sekaligus berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Ketiga terus pelihara budaya keselamatan dengan menjalani prosedur dalam setiap kegiatan dan misi operasi secara cermat dan seksama.

Keempat, jaga kehormatan diri keluarga dan pelihara kebersamaan keluarga sebagai motivasi sekaligus penyemangat kerja dalam setiap penugasan, dan kelima senantiasa memberi pengabdian terbaik sebagai wujud rasa cinta kepada Tanah Air, bangsa dan negara.

Upacara HUT ke-76 TNI AU yang dimeriahkan demo fly pass pesawat-pesawat Grob, tim aerobatik The Jupiters, T-50i Golden Eagle, dan F-16 Fighting Falcon, dan penampilan para kadet AAU itu hadiri tamu undangan keluarga besar TNI AU dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (*)

Baca Juga:

Reaksi TNI AU Soal Dugaan Keterlibatan Prajuritnya Dalam Pengiriman Pekerja Ilegal

#TNI AU #Pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan