HUT ke-74 RI, Anies Ajak Warga Tingkatkan Kualitas Daya Saing Majukan Indonesia Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Upacara Peringatan HUT RI ke 74 di Pantai Maju atau Pulau D Reklamasi Teluk Jakarta, Sabtu (17/8).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara 17 Agustus 2019 dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, sebagai Pembaca Naskah Prokamasi Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Kelakuan ASN Pemprov DKI saat Upacara 17 Agustus, Asyik Ngobrol dan tak Hormati Lagu Kebangsaan

Adapun tema peringatan HUT RI ke 74 inj adalah Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju. Dalam pidatonya Anies mengajak komponen masyarakat terus bersinergi bersama Pemprov DKI dalam berupaya meningkatkan kualitas SDM, daya saing, dan keunggulan kota Jakarta melalui berbagai program strategis.

Ia pun berpesan agar seluruh komponen masyarakat bersama Pemprov DKI bahu-membahu meneruskan perjuangan para pejuang kemerdekaan dengan terus berkolaborasi membangun negeri Indonesia sesuai dengan bidang tugas dan keilmuan yang dimiliki.

Anies mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang besar. Untuk itu, Indonesia tidak bisa dibangun hanya dengan satu atau dua orang, maupun satu atau dua kelompok orang. Harus ada camput tangan masyarakat untuk memajukan Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara 17 Agustus 2019 di Pulau Reklamasi. Foto: MP/Asropih
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara 17 Agustus 2019 di Pulau Reklamasi. Foto: MP/Asropih

Baca Juga: Alat Berat di Pulau Reklamasi Ramaikan HUT ke-74 RI

"Ciptakan karya baru, munculkan ide dan gagasan baru untuk kejayaan Indonesia/Ibu kota Jakarta di masa yang akan datang. Kita pertahankan dan penghargaan kepada para pejuang kita tinggikan. Dan pesan kepada seluruh jajaran, mari kita teruskan perjuangan ini di bidang kita," tuturnya.

Ia juga mengajak kepada segenap eleme masyarakat. Untuk terus merajut kebersamaan walaupun pernah ada perbedaan pandangan pilihan pada masa Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 kemarin.

"Mari bersama bersatu-padu membangun Indonesia yang lebih maju, yang lebih kuat, yang lebih unggul untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia, sejahtera, adil dan makmur," tutupnya.

Hadir dalam upacara ini, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah; Para Wakil Ketua serta Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta; Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta dan Para Pimpinan BUMD Provinsi DKI Jakarta; Ketua TP PKK DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis; dan Para Anggota Dharma Wanita Persatuan DKI Jakarta; Para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah; serta Para Anggota Legiun Veteran, Para Pinih Sepuh dan Pejuang Perintis Kemerdekaan.

Baca Juga: Milik Negara, Alasan Anies Berkukuh Gelar Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi

Sementara itu, pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh Paskibraka Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 yang berjumlah 54 orang, tim paduan suara dari Jakarta Youth Choir Binaan Dispora DKI Jakarta, serta Korps Musik dari Disgulkarmat DKI Jakarta. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH