Huruf Kaganga, Aksara Para Leluhur Suku Sunda

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 20 Januari 2017
Huruf Kaganga, Aksara Para Leluhur Suku Sunda
Huruf Kaganga (MP/Sucitra)

Suku Sunda memiliki warisan aksara tersendiri. Aksara atau huruf tersebut kemudian membentuk bahasa Sunda. Aksara Sunda masuk dalam kategori unik yang dikemudian disebut aksara Kaganga.

Sebagai suku bangsa yang memiliki sejarah panjang, yang memiliki banyak kerajaan yang mapan semenjak nenek moyangnya, menjadi sesautu hal yang wajar jika orang-orang Sunda juga memiliki huruf sendiri. Karena sebuah kerajaan tentu membutuhkan media untuk berkomunikasi melalui tulisan.

Menurut salah seorang putra Sunda yang meneliti jejak nenek moyang orang-orang Sunda Cakra Widiantara, ada beberapa macam huruf yang digunakan oleh bangsa Sunda pada zamannya, pertama adalah huruf Kaganga Kuno, yang kedua adalah huruf Kaganga Modern, yang merupakan huruf Sunda aslinya. Sedangkan huruf yang ketiga adalah huruf Brahmi Pra Asoka, ke empat adalah huruf Brahma Masa Asoka yang berasal dari India.

Aksara Kaganga
Huruf Kaganga kuno dan modern itu berbeda (MP/Sucitra)

"Beda antara huruf Kaganga Kuno dengan huruf Kaganga Modern ada di tanda baca, huruf Kaganga Kuno tidak menggunakan tanda baca seperti huruf Arab Gundul, sementara huruf Kaganga Modern menggunakan tanda baca, huruf vokal, dan kata tambah," katanya, Jum'at (20/1).

Ia juga mengatakan, bahwa abjad Kaganga Kuno hanya memiliki kurang dari 30 huruf, sedangkan huruf Kaganga Modern sebanyak 34 huruf. Jejak-jejak huruf-huruf tersebut bisa kita dapati apabila mengunjungi situs-situs yang tersebar di propinsi Jawa Barat dan Banten.

Artikel ini ditulis berdasarkan reportase dan wawancara Sucitra De, kontributor merahputih.com dari wilayah Banten dan sekitarnya. Terkait sejarah Banten beserta asal-usulnya, pernah dibahas dalam artikel: Sebelum Wahanten Girang Ditaklukan, Prabu Jaya Dewata Beraliansi dengan Portugis

#Aksara Sunda #Huruf Kaganga #Suku Sunda
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan