Humas PN Jakpus Sebut Desrizal Pengacara TW Dikenal Arogan Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Makmur. (Antaranews)

MerahPutih.com - Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) Makmur menyebut pengacara Tomy Winata berinisial Desrizal Chaniago (DA) yang menyerang Hakim Sunarso dikenal arogan dan kasar.

"Kalau informasi resmi dari majelis hakim yang bersangkutan selama pemeriksaan perkara itu berjalan sebelumnya menunjukkan sikap arogannya atau tidak bersahabat ya di ruang sidang," kata Makmur, kepada wartawan di kantornya, Jumat (19/7).

Baca Juga: Pengacaranya Serang Hakim, Tomy Winata Buru-Buru Balik ke Indonesia

Menurut Makmur, pengacara pengusaha yang akrab disapa TW itu juga enggan menuruti permintaan Hakim Sunarso untuk tenang dan santun selama sidang. Pelaku juga kerap memaki saksi lawannya dan hakim selama persidangan.

"Ia menunjukkan sikap yang kurang bersahabat dalam persidangannya seperti membentak saksi saksi yang diajukan lawannya," tegas Humas PN Jakpus itu.

pemukulan
Tangkapan layar Pengacara Tomy Winata, Desrizal menyerang hakim PN Jakpus. Foto: youtube

Makmur pun mengakui kasus penganiayaan terhadap hakim selaku 'wakil Tuhan' yang dilakukan Desrizal itu adalah yang pertama kali terjadi di Indonesia.

"Kasus pertama di Indonesia ini advokat yang melakukannya. Biasanya kan orang berperkara yang melakukannya atau pihak sendiri. Ini kejadian langka di PN Jakpus yang dilakukan advokat," sesal Makmur.

Baca Juga: Cerita Hakim Diserang Pengacara Tomy Winata: Puluhan Tahun Sidang, Baru ini Dipukuli

Lebih jauh, Makmur menduga Desrizal sampai nekat menyerang hakim karena emosi perkaranya ditolak. PN Jakpus memilih menyerahkan kasus penyerangan yang dilakukan pengacara ini kepada Peradi selaku lembaga yang menaungi advokat di Indonesia untuk menetapkan sanksi.

"Pidananya organaisasi advokat sendiri sudah menyatakan sikap dari profesi yang bersangkutan bagaimana hasilnya nanti kita tunggu dari lembaga advokasi," tutup pejabat PN Jakpus itu.

Hakim PN Jakpus Sunarso menjadi korban pemukulan oknum pengacara bernama Desrizal
Hakim PN Jakpus Sunarso menjadi korban penganiayaan oknum pengacara bernama Desrizal (D) (MP/Kanu)

Untuk diketahui, Pengacara pengusaha Tomy Winata itu resmi jadi tersangka atas perbuatannya menyerang Hakim Sunarso. Peristiwa terjadi di ruang sidang Subekti sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis 18 Juli 2019 lalu. Saat itu, hakim sedang membaca putusan terkait perkara gugatan antara Tomy Winata dengan PT PWG.

Baca Juga: MA Kecam Perbuatan Brutal Pengacara Tomy Winata

Saat majelis hakim tengah membaca bagian pertimbangannya sudah mengarah petitum gugatan ditolak, Desrizal selaku kuasa pihak TW berdiri dari kursinya. Dia pun melangkah ke depan majelis hakim yang sedang baca pertimbangan putusan kemudian menyerang hakim dengan ikat pinggang. (Knu)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH