Human Hotpot, Pemandian Enggak Biasa Jelang Tahun Baru Imlek Uniknya, berendam di kolam air panas kayak hotpot.(foto: imaginechina.com)

SIAPA sih yang enggak suak berendam di pemandian air panas? Sensasi air hangat bakal bikin tubuh rileks. Bikin nagih lah.

Enggak hanya biki rileks, berendam dengan air panas juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan depresi. Dengan segala manfaat itu, enggak mengherankan jika banyak orang mengincar bersantai di kolam air panas.

Umumnys sih, pemandian air panas berbentuk kolam. Ada yang di luar ruang ataupun di dalam ruangan. Namun, di Tiongkok, inovasi terbaru membuat kolam rendam air panas layaknya sajian hot pot. Seperti apa ya?

1. Terinspirasi dari makanan Tionghoa, Hotpot

human hotpot
Pemandian air panas dibuat layaknya sajian hotpot. (foto: pixabay/leacky_321)

Salah satu hidangan populer di Tiongkook itu sebenarnya merupakan hidangan untuk dimakan bersama untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin. Biasanya pengunjung dapat memasak sendiri bahan daging dan sayuran di dalam panci yang berisi kaldu panas.

Namun, di First World Hotel Provinsi Zhejiang, Tiongkok, konsep hotpot dihadirkan dalam kolam rendam air panas.

Karena terinspirasi dari hotpot, tempat yang digunakan untuk berendam ini berbeda dari biasanya. Kolam dibagi menjadi sembilan bagian kecil, layaknya hotpot, yang dapat diisi satu sampai dua orang setiap kotaknya. Setiap kotak diisi berbagai bahan yang biasanya ditemui di hotpot seperti cabai, selada, tomat, jagung, jamur, hingga apel dan pisang. Eh, jangan salah, kamu bisa lo menikmati langsung aneka makanan itu di kolam.

Selain itu, mereka juga menyediakan daging yang telah dibentuk layaknya sate serta makanan lain yang diletakkan di sebelah kolam. Itu juga dapat dinikmati lo.

2. Mempromosikan gaya hidup sehat

human hotpot
Makanan seperti sate disediakan di pinggir kolam. Bisa dimakan langsung lo. (foto:imaginechina.com)


Seperti dilansir beberapa sumber, Human Hotpot ini dibuat dengan tujuan mempromosikan gaya hidup sehat menjelang tahun baru Imlek. Masyarakat Tionghoa percaya akan resolusi tahun baru yang dihitung sejak hari pertama Imlek. Untuk itulah, hotel ini mencoba mempromosikan gaya hidup sehat sebagai salah satu resolusi tahun baru atau keinginan yang ingin dicapai di tahun baru Imlek ini.


3. Mengundang wisatawan yang lahir pada Tahun Babi

human hotpot
Kamu yang lahir di Tahun Babi diundang untuk datang. (foto: imaginechina.com)


Hotel yang terletak di daerah pergunungan ini mengundang wisatawan yang lahir pada Tahun Babi, karena tahun ini merupakan Tahun Babi. Pemandian air panas ini menjadi populer karena hanya berjarak 2 jam perjalanan dari Shanghai. Sumber mata air panasnya pun berlimpah, langsung dari pergunungan.

Tertarik mencoba?(ver)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH