Hujan saat Liburan Akhir Tahun, Hadapi dengan Tips Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 25 November 2019
Hujan saat Liburan Akhir Tahun, Hadapi dengan Tips Ini
Musim hujan juga oke untuk melancong. (foto: Pixabay/sasint)

LIBUR akhir tahun kerap berbarengan dengan saatnya musim hujan tiba. Namun, itu bukan berarti musim hujan menjadi penghalang bagi kamu untuk beraktivitas atau bahkan melancong.

Dengan sedikit penyesuaian, kamu tetap bisa menikmati liburan saat cuaca hujan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat berlibur di musim hujan.

1. Pantau Prakiraan Cuaca

prakiraan cuaca
Pantau terus prakiraan cuaca tiap hari. (foto: pixabay/analogicus)

Catat agenda liburanmu beserta tanggalnya. Cari tahu kondisi cuaca sesuai dengan tanggal liburanmu. Dengan memantau prakiraan cuaca, kamu jadi lebih siap mengantisipasi berbagai kemungkinan. Jika tanggal liburanmu bertepatan saat hujan, kamu bisa menunda beberapa hari hingga hari lebih cerah.
Namun, jika liburan tak bisa ditunda karena sudah memesan tiket atau hotel, bawa beberapa peralatan penting agar liburan tetap berjalan lancar.

2. Bawa Pakaian Tambahan

Bawa pakaian ekstra untuk ganti yang basah. (foto: pixabay/pexels)

Kemungkinan yang bisa terjadi saat berlibur di musim hujan ialah pakaian yang basah. Sediakan beberapa pakaian cadangan. Dengan membawa pakaian cadangan, kamu tak perlu mengenakan pakaian dalam keadaan basah. Memakai pakaian basah membuat kamu lebih mudah terserang flu. Dengan pakaian ekstra, kamu juga tak perlu repot-repot menunggu pakaian hingga kering seutuhnya.

3. Siapkan Perlengkapan Menghadapi Hujan

Wajib bawa boots dan payung. (foto: pixabay/jill111)

Selain pakaian, ada beberapa perlengkapan yang wajib kamu bawa saat musim hujan. Beberapa perlengkapan yang bisa digunakan saat hujan, yakni jas hujan, payung, tenda waterproof atau sepatu boots.

Ketika langit mulai mendung dan hujan rintik-rintik turun, kamu bisa membuka payung kita. seandainya hujan turun cukup deras, kamu bisa mengenakan jas hujan. Alas kaki yang direkomendasikan untuk dipakai saat musim hujan ialah sandal. Jangan memakai sepatu karena sepatu bisa menyerap air hujan dan membuatmu merasa tak nyaman.

4. Lakukan Kegiatan Menyenangkan Dalam Ruangan

Main scrabble biar enggak bosan di dalam ruang. (foto: pixabay/wokandpix)

Mungkin kamu berpikir bahwa kegiatan menyenangkan saat liburan hanya bisa dilakukan di luar ruangan. Anggapan tersebut tak selalu benar. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan saat di ruangan. Kamu bisa memasak, menonton film, melakukan permainan menyenangkan, seperti kartu, monopoli, juga scrabble dengan teman-teman. Ketika hujan reda, kamu bisa mulai mengeksplorasi keadaan sekitar.

5. Makan Makanan Sehat

fruit
Asup makanan sehat selama berlibur. (foto: pixabay/hevoli)

Saat cuaca buruk, kondisi tubuh lebih lemah. Kamu tentu tak ingin jatuh sakit saat sedang liburan. Untuk itu, pastikan jaga kesehatan dengan mengasup makanan bergizi. Hindari mengonsumsi minuman kemasan. Terlalu banyak konsumsi minuman kemasan atau minuman dingin membuat tubuh rentan flu.

Nah, dengan persiapan yang tepat, kamu tetap bisa kan berlibur di musim hujan.(avia)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan