Hujan Lebat yang Disertai Angin Kencang Rusak Belasan Rumah di Yogyakarta Hujan lebat dan angin kencang melanda wilaya Yogyakarta (Foto: Ist)

MerahPutih.Com - Hujan lebat yang disertai angin kencang melanda seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (1/3) malam. Akibat peristiwa ini, puluhan pohon tumbang dan belasan rumah rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswanata menjelaskan hujan lebat berangin turun sejak sore hingga malam hari.

"Total ada 45 pohon tumbang dan 14 rumah rusak di seluruh kabupaten dan kota di DIY," ujar Biwara di Yogyakarta, Sabtu (2/3).

Belasan rumah rusak akibat diterpa angin kencang
Belasan rumah rusak akibat terpaan angin kencang (Foto: Ist)

Sebagian besar rumah rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang. Hujan lebat dan angin kencang juga menyebabkan beberapa mobil dan bus rusak, sebuah baliho rubuh, jaringan listrik padam karena rusak dan jalanan tertutup.

Wilayah yang terdampak cukup parah berada di Komplek TNI AAU di Banguntapan Kabupaten Bantul. Disini sekitar lima rumah rusak tertimpa pohon yang rubuh. Rumah yang terdampak cukup parah adalah milik lektol urip widodo (40), mayor habibi (41) dan Rudy Hartono (52).

"Rumah punya lektol Urip, atap belakangnya jebol karena tertimpa pohon preh berdimeter 25 cm,. kalau bapak Rudi atap rusak karena tertompa pohon Nangka berdiameter 10cm,"jelas dia.

Pohon tumbang menimpa mobil di kompleks AAU
Pohon tumbang menimpa mobil di kompleks TNI AAU (Foto: Ist)

Sementara rumah Mayor Habibi mengalami kerusakan dibagian garasi rumah, asbes dan blandar akibat tertimpa pohon Randu berdiameter 40 cm.

Pohon tumbang turut merusak dua mobil yang sedang diparkir di RS Hardjolukito serta merusak jaringan listrik dan menutup akses jalan di komplek TNI AUU. Sebuah baliho turut roboh karena disapu angin.

Pihaknya sudah menerjunkan tim untuk melakukan mitigasi bencana. Petugas BPBD dibantu warga dan relawan tengah menyingkirkan pohon-pohon yang mengganggu akses jalan dan perlistrikan.

Selain itu Hujan lebat sempat membuat sungai kecil di Lemahdadi Kasihan Bantul meluap. akibatnya air membanjiri rumah warga setinggi 30 cm. Banjir telah surut pagi ini.

BPBD DIY mengimbau masyarakat untuk waspada dan siaga dalam menghadapi potensi bencana di musim penghujan.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Jubir BPN: Hoaks Ratna Sarumpaet Tidak Terkait Prabowo

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH