Hujan Lebat Disertai Angin-Petir Guyur Beberapa Wilayah di Indonesia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 30 Juli 2021
Hujan Lebat Disertai Angin-Petir Guyur Beberapa Wilayah di Indonesia
Tangkapan layar prakiraan cuaca di Indonesia. (ANTARA/Andi Firdaus)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terdapat beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, Jumat (30/7).

Dalam peringatan dini cuaca periode 29-31 Juli 2021 yang dikutip dari situs BMKG dari Jakarta pada Jumat (30/7), BMKG menjelaskan bahwa daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera Barat dan Sumatera Utara dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga:

Jokowi Minta BMKG Keluarkan Peringatan Dini Lebih Cepat dan Akurat

Terkait hal itu BMKG memprakirakan Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat dan Papua berpotensi mengalami hujan lebat yang bisa disertai dengan kilat/petir serta angin kencang.

Selain itu, wilayah Sumatera Utara, Bengkulu, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku serta Papua Barat juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

BMKG prakirakan hujan lebat terjadi di beberapa daerah. (Antara)
BMKG prakirakan hujan lebat terjadi di beberapa daerah. (Antara)

Sementara untuk enam wilayah di ibu kota DKI Jakarta pada hari ini diprakirakan pada siang akan cerah, malam mengalami cerah dan cerah berawan serta cerah berawan pada malam hari.

Dikutip Antara, BMKG juga memperingatkan adanya wilayah berpotensi banjir dan bandang akibat hujan lebat di Sumatera Barat, Sulawesi Tengah dan Papua masuk dalam kategori waspada.

Untuk itu, BMKG meminta masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang ditimbulkan dalam beberapa waktu ke depan. (Knu)

Baca Juga:

DKI Jakarta Cerah Sepanjang Kamis, Suhu 33 Derajat

#BMKG #Prakiraan Cuaca
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan