Film
Hubungan Bermasalah dan Pencurian Besar dalam Film 'Locked Down' Anne Hathaway berperan sebagai Linda dalam Locked Down.(newsweek.com)

SECARA historis, pandemi akan membentuk ingatan kolektif. Setelah wabah pes di London, butuh lebih dari setengah abad sebelum datangnya karya sastra berjudul A Journal of the Plague Year karya Daniel Defoe pada 1722. Pandemi flu pada 1918 yang menewaskan puluhan jutaan orang di seluruh dunia meninggalkan jejak yang sangat kecil pada sastra dan film abad ke-20.

Pandemi kali ini akan berbeda. Acara televisi kontemporer tentang kehidupan selama COVID-19 sudah tersedia. Meskipun pandemi belum kunjung selesai, telah ada potongan-potongan ingatan yang direka ulang dan disiapkan untuk generasi mendatang untuk mendapatkan informasi tentang kondisi saat ini. Salah satunya ialah film Locked Down yang tayang di HBO Max.

BACA JUGA:

Tina Fey dan Amy Poehler Siap Pandu Golden Globes 2021

Film ini berkisah tentang pasangan (Anne Hathaway dan Chiwetel Ejiofor) yang tidak bahagia dan hendak berpisah. Namun, mereka malah terperangkap dalam rumah mereka selama lockdown di Inggris. Di tengah konflik dan pertengkaran, kondisi absurd pandemi membuat mereka merencanakan pencurian yang mustahil di Harrods, department store eksklusif di London.

locked down
Lindan dan Paxton seperti Bonnie dan Clyde.(Foto: theoaklandpress.com)

Dalam wawancara dengan Nytimes.com, Kamis (4/2), penulis skenario Steven Knight mengatakan kisah film ini dibuat pada akhir musim panas 2020, sekitar enam minggu sebelum mulai syuting. "Kami mulai berbicara tentang Zoom dan lockdown serta bagaimana hal itu memengaruhi. Dan kemudian kami mulai membayangkan bahwa dapat membuat film, dan berbicara tentang plot, dan Harrods, dan dibuatlan skenario ini," katanya.

Meskipun ide awal datang dari adegan Zoom yang bisa ditemui banyak di film ini, ada pula aksi langsung para pemainnya, terutama ketika mereka di Harrods. "Kami memiliki aktor-aktor hebat. Saya pikir akan memalukan jika hanya membatasi mereka di kepala dan bahu," jelas Knight.

locked down
Chiwetel Ejiofor berperan sebagai Paxton. (Foto: colliderimages.com)

Kisah ini berangkat dari informasi yang diterima Knight bahwa department store besar di London mengosongkan semua stok super mahal mereka. Mereka takut akan terjadi kerusuhan dan penjarahan. Jadi selama lima hari, semua barang itu dibawa keluar di tengah kepanikan. "Saya berbicara dengan orang-orang di Harrods, dan mereka berkata akan membuat manajer ritel dari tempat-tempat seperti Gucci yang membawa barang-barang bernilai jutaan dolar dalam tas belanja plastik dan naik taksi hitam," ujarnya.

Dengan informasi tersebut dan memanfaatkan isu pandemi yang sedang berlangsung, produksi film berjalan cepat. "Saya tidak punya waktu. Baik atau buruk, saya akan menulis babak pertama, dan kru produksi akan mulai bersiap untuk syuting, dan kemudian saya akan menulis babak kedua, mereka mulai mempersiapkannya, dan seterusnya," kenang Knight.

locked down
Sutradara Doug Liman mengarahkan Anne Hathaway. (Foto: vulture.com)

Film yang disutradarai Doug Liman (Trilogi The Bourne dan Mr. & Mrs. Smith) diaku Knight sebagai film tentang lockdown pertama. "Kami mungkin bukan yang terbaik, tapi kami yang pertama, dan kami melakukannya saat masih segar dan mentah. Sejarah cenderung membereskan berbagai hal, menemukan pola, dan membuang hal-hal yang tidak sesuai dengan pola tersebut," kata penulis skenario film drama psikologis Locke (2013) ini.

Menurutnya, meskipun pandemi belum berakhir dan mungkin masih di tahap pertengahan, film ini tetap penting dibuat. "Seperti perang, kita tidak tahu siapa yang akan menang. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Dan menurut saya penting untuk menangkap fase ketidakpastian itu sebagaimana adanya," tutup Knight. (aru)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Black Panther 2' Tidak Gunakan Teknologi CGI Chadwick Boseman
Fun
'Black Panther 2' Tidak Gunakan Teknologi CGI Chadwick Boseman

Sosok Chadwick Boseman tak tergantikan oleh teknologi komputer.

Deretan Hal Penting Tentang 5G di Indonesia
Fun
Deretan Hal Penting Tentang 5G di Indonesia

Kenali sejumlah informasi penting tentang 5G di Indonesia.

CFAS Universitas Nasional Eratkan Hubungan Australia-Indonesia
Fun
CFAS Universitas Nasional Eratkan Hubungan Australia-Indonesia

Center for Australian Studies (CFAS) Universitas Nasional atau Pusat Studi Australia Universitas Nasional Resmi Didirikan

Ketika Kesalahpahaman Kpop Tuai Kontroversi
Fun
Ketika Kesalahpahaman Kpop Tuai Kontroversi

Insiden kontroversial di Kpop yang berakhir dengan kesalahpahaman.

Tips Aman Angkut Sepeda dalam Mobil
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Aman Angkut Sepeda dalam Mobil

Pelajari dulu payload mobil.

Niat Hati Beli PS5, Tapi Malah Dapat Panggangan dan Sekarung Beras
Hiburan & Gaya Hidup
Niat Hati Beli PS5, Tapi Malah Dapat Panggangan dan Sekarung Beras

Banyak pembeli PS5 yang ditipu oleh penjual licik di Amazon

John Cena Minta Maaf pada Tiongkok
ShowBiz
John Cena Minta Maaf pada Tiongkok

Dilakukan saat mempromosikan film F9.

Pesona Vila Vanili di Tanjung Lesung
Travel
Pesona Vila Vanili di Tanjung Lesung

Vila Vanilli dibangun di tanah seluas 200 hektare akan dikelola dua perusahaan.

Hindari Kebiasaan Buruk Berkendara
Fun
Hindari Kebiasaan Buruk Berkendara

Entah disadari atau tidak kebiasaan buruk ini masih ada pada pengendara kendaraan bermotor.