Huawei Kembangkan Smartphone Layar Penuh, Seperti Apa Bentuknya? Huawei tengah kembangkan ponsel berselimut layar (Foto: skynews)

SELAMA beberapa tahun terakhir, Huawei telah meluncurkan sejumlah smartphone bisa dilipat, serta mematenkan beberapa perangkat tampak futuristik.

Sesuai dengan pengajuan paten baru, seperti dikutip LetsGoDigital, Huawei tampaknya tengah mengerjakan smartphone baru berlayar penuh.

Baca Juga:

Zoom Hadirkan Keamanan Ekstra 2FA di Dekstop dan Mobile

Perusahaan Huawei mengajukan peten desain baru ini ke Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional Tiongkok (CNIPA). Menurut paten yang diajukan pada 17 Maret, dan diterbitkan pada 11 September, desain perangkat terlihat sangat mirip dengan smartphone lipat Mate X dan Mate Xx, hanya saja berbeda mekanisme lipatnya.

Ponsel terlihat berselimut layar (Foto: Letsgodigital)

Seperti smartphone andalan generasi saat ini, smartphone terbaru Huawei itu menampikan tampilan edge-to-edge dengan bazel minimal di bagian depan. Tapi layar akan melilit ke belakang perangkat dari sisi kiri. Sementara di tepi kanan, akan terdapat tombol power dan volume.

Meskipun perusahaan sudah menghilangkan tombol perangkat keras pada beberapa perangkat andalannya, desain referensi dalam daftar ini masih menampilkannya. Seperti yang terlihat pada smartphone konsep Xiaomi Mi MIX Alpha yang diluncurkan pada tahun 2019, Huawei juga dapat memilih layar OLED fleksibel serupa.

Baca Juga:

Tiongkok Lebih Pilih TikTok Ditutup Daripada Dijual ke AS

Karena tepi kiri perangkat sepenuhnya tertutup oleh layar, Huawei harus melakukan penyesuaian perangkat lunak untuk menghindari sentuhan yang tidak disengaja. Dengan tampilan dua sisi, Huawei akan melewatkan sensor kamera depan. Sementara strip kecil di bagian belakang akan menahan sensor kamera dan flash LED.

Huawei harus melakukan penyesuaian perangkat lunak untuk menghindari sentuhan yang tidak disengaja (Foto: letsgodigital)

Seperti yang dilansir dari laman Android Headlines, setup kamera di bagian belakang perangkat pun berfungsi sebagai kamera depan. Jadi, kamera megapikselnya yang tinggi bisa menangkap selfie yang indah.

Seperti semua paten, tidak ada jaminan bahwa desain tersebut akan digunakan untuk smartphone mendatang berikutnya. Berdasarkan rumor yang beredar, smartphone lipat Huawei berikutnya kemungkinan akan hadir dengan desain lipat.

Sementara itu, dalam beberapa minggu mendatang, Huawei pun akan meluncurkan smartphone unggulan Mate 40 dan MAte 40 Pro yang ditenagai oleh chipset Kirin 5nm yang serba baru. Menurut beberapa bocoran, perangkat lipat baru dari Huawei akan diluncurkan secara terpisah akhir tahun ini. (Ryn)

Baca Juga:

Instagram Uji Coba Tiga Desain Layout Baru

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH