Huawei Menunda Peluncuran Ponsel Lipat Mate X, Kenapa Ya? Huawei menunda peluncuran ponsel lipat Mate X karena Khawatir gagal seperti Samsung. (Foto: t3)

HUAWEI menunda peluncuran produk elektronik mereka. Tapi jangan salah penundaan ini bukan akibat dari perang dagang dengan Amerika Serikat. Huawei menunda karena Samsung yang dikabarkan lebih dulu meluncurkan Samsung Fold menunda pula peluncuran produknya.

ponsel
Mate X yang memiliki kemampuan melipat diri. (Foto: Anandtech)


Kemungkinan besar Huawei menunda ponsel lipatnya mulai dari Juni hingga September. Dilansir dari TheVerge yang dilansir oleh CNBC, mereka sedang gencar untuk melakukan pengujian kepada setiap unit ponsel lipat. Produsen asal Tiongkok itu memastikan bahwa ponsel lipat mereka benar-benar siap digunakan oleh konsumen setianya.

ponsel
Mate X yang dilipat penuh. (Foto: Anandtech)

Samsung yang dikabarkan akan meluncurkan Galaxy Fold mereka pada bulan April lalu, menunda pengiriman yang telah di pre-order oleh konsumennya tanpa batas waktu. Ini membuat Huawei berhati-hati meluncurkan Mate X mereka seperti yang dilansir di laman express.

Masalah lain yang lebih besar yang harus dihadapi Huawei adalah perusahaan itu masuk dalam daftar hitam oleh Amerika. Amerika tidak dapat memberikan, menjual. atau melisensikan teknologinya dalam bentuk apapun kepada Huawei. Ini membuat Huawei tidak dapat mengadaptasi versi lengkap sistem Operasi Android Google.

ponsel
Mate X yang memiliki badan tipis. (Foto: anandtech)


Tidak ada kejelasan bagaimana Mate X akan masuk ke pasaran. TheVerge menuliskan bahwa Huawei kemungkinan akan meluncurkan Mate X dengan OS milknya sendiri. Perusahaan itu sudah dari dahulu mempersiapkan sistem operasional pada ponselnya, mungkin ini waktu yang tepat untuk memperkenalkan ke publik. Bisa jadi Huawei akan meluncurkan ponsel dengan Osnya sendiri dalam enam hingga sembilan bulan kedepan".

Sebenarnya Mate X akan diluncurkan pada bulan Februari dan dipuji oleh banyak orang sebagai ponsel lipat yang paling menjanjikan. Karena kabarnya ponsel tersebut memiliki panel OLED 8-inci tunggal yang melipat menjadi dua dengan RAM 8GB, tiga kamera, dan sudah mendukung koneksi 5G. Konon harga jualnya sekitar Rp37 juta. (ape)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH