Huawei Gandeng Peta Digital Baru Pesaing Google Maps? Huawei dikabarkan akan menggandeng kolaborasi dentan peta digital pesaing Google Maps (Foto: skynews)

APLIKASI navigasi Google Maps harus waspada, karena Huawei dan TomTom (sebuah perusahaan navigasi dan pemetaan digital), telah sepakatan untuk menjalin kerja sama.

Kedua perusahaan tersebut dikabarkan telah sepakat untuk berkolaborasi. Itu artinya, layanan peta digital yang dikembangkan oleh TomTom, akan tersedia pada smartphone rilisan Huawei.

Baca Juga:

Instagram Hapus Tombol IGTV? Ada Apa?

Huawei dikabarkan menggandeng aplikasi peta digital TomTom (Foto: mtoday)

Kerjasama tersebut meliputi informasi lalu lintas, serta navigasi yang tersedia pada peta digital milik TomTom, untuk pengguna ponsel Huawei. Dengan kata lain, kolaborasi itu seperti halnya Google Maps yang ada di sejumlah ponsel Android.

Seperti yang dilansir dari laman Reuters, juru bicara TomTom, Remco Meerstra mengatakan, kesepakatan TomTom dan Huawei terjadi beberapa hari lalu. Namun hingga saat ini kolaborasi tersebut belum umumkan.

Baca Juga:

Kabar Gembira, Pengguna Instagram Web Kini Bisa Kirim Direct Message

Lebih lanjut Meerstra pun enggan berbicara lebih detail terkait kesepakatan itu, sebelum pengumuman resmi nantinya dipublikasikan oleh perusahaan.

TomTom sendiri sedang beralih dari menjual perangkat menjadi menawarkan layanan software. Tahun lalu, perusahaan asal Belanda tersebut, menjual divisi telematikan mereka pada Bridgestone, guna fokus dengan bisnis terkait peta digital.

Ponsel kluaran terbaru Huawei dikabarkan tak didukung oleh Google (foto: 9to5mac)

Sedikit informasi, Huawei merupakan salah satu perusahaan yang terdampak dari perang dagang antara AS dan Tiongkok. Di mana Huawei yang merupakan perusahaan asal Tiongkok, di-blacklist Amerika Serikat, lantaran dinilai teknologi yang diusung dapat mengancam keamanan nasional.

Hal itu pun mengakibatkan salah satu perusahaan Amerika Serikat seperti Google, diperintahkan untuk memutus kerja sama dengan Huawei. Bahkan ponsel keluaran terbaru dari Huawei pun tak didukung oleh Google, seperti Gmail, Maps, hingga Google Chrome. (Ryn)

Baca Juga:

Di Tengah Tekanan Amerika, Huawei Teken Kerjasama Layanan 5G dengan Rusia

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH