HSMUN Ajak Pelajar SMA Jadi Pemimpin Dunia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 12 November 2020
HSMUN Ajak Pelajar SMA Jadi Pemimpin Dunia
HSMUN diadakan secara daring. (Foto: Istimewa)

HIGHSCOPE Model United Nations (HSMUN) segera hadir pada 18-19 November 2020. Penyelenggaraan HSMUN tahun ini digelar secara daring karena imbas pandemi COVID-19.

Tema yang diusung tahun ini ialah "Ensuring Global Welfare in Times of Crisis". Tema tersebut memiliki makna konflik tidak hanya dilihat sebagai sumber perpecahan, namun juga dapat dilihat sebagai motivasi untuk memicu sebuah gelombang perubahan.

Baca juga:

PAX West 2020 Batal Akibat Pandemi COVID-19, Diganti dengan Event Online

HSMUN merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh sekolah HighScope. Kegiatan ini menjadi wadah pelajar SMA berlatih untuk beradaptasi, berfikir solutif dan kreatif, bekerja sama, dan berani mengambil risiko sebagai seorang pemimpin.

HSMUN mengajak pelajar SMA untuk berani mengambil keputusan. (Foto: Istimewa)

Pada saat ini para pemimpin dunia dan politisi berusaha untuk mengatasi luka, kekacauan sepertinya selalu berkecamuk di berbagai belahan dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, HSMUN menyadari perubahan tak hanya datang dari otokrat, namun juga rakyat jelata secara bersama berupaya untuk memperbaiki akibat dari berbagai kekacauan yang timbul.

Peraturan yang dibuat oleh setiap negara telah memicu permasalahan-permasalahan dunia yang bertentangan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau SDGs.

Baca juga:

Tokyo Game Show 2020 Resmi Digelar Online

Kondisi saat ini, kesehatan masyarakat dunia menjadi fokus utama. Permasalahan ini telah merambat ke persoalan kemiskinan, kelaparan, kualitas pendidikan, ekonomi dan bahkan politik dan kemanan dunia.

Oleh karena itu, HSMUN ingin mengajak siswa SMA Indonesia memahami SDGs sebagai tujuan bersama sebagai warga dunia, mengingat 2030 adalah masa generasi mereka menjadi pemimpin.

HSMUN ingin mempersiapkan pelajar SMA sebagai generasi pemimpin pada 2030. (Foto: Istimewa)

"Tidak ada salahnya kita menimba ilmu dari sekarang untuk meningkatkan kompetensi pemimpin," ujar Secretary-General HSMUN, Alduri Asfirka dalam sebuah webinar beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kegiatan yang diadakan ke-12 kalinya ini memfasilitasi peserta dengan simulasi berdiplomasi untuk bisa menjadi pemimpin yang kelak membawa kedamaian dunia. Semua topik yang diusulkan akan mencerminkan nilai-nilai SDGs.

"Diplomasi itu diskusi untuk mencapai keuntungan yang lebih besar. Kami ingin menunjukkan diplomasi itu sangat penting," tambah Alduri.

HSMUN membuka relasi antar siswa dalam satu generasi, yang kelak akan sama-sama berkontribusi bagi negara dan dunia. HSMUN mengolah kemampuan siswa untuk berempati, berfikir secara komprehensif dan kritis, kreatif mencari solusi baru, dan melatih keterampilan untuk berdiplomasi.

"Kita menjadi pionir model united nation (PBB) di Indonesia untuk pertama kalinya dalam tingkat siswa SMA," tutup Alduri. (ikh)

Baca juga:

Berburu Produk Otomotif di IMX 2020

#Kepemimpinan #Pelajar
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan