'How Do You Live?' Film Baru dari Hayao Miyazaki

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 20 Oktober 2021
'How Do You Live?' Film Baru dari Hayao Miyazaki
'How Do You Live' tengah dikerjakan oleh Miyazaki untuk film barunya. (Foto: Projcet-Nerd)

ADA kabar baik untuk fans Studio Ghibli. Hayao Miyazaki, pendiri Studio Ghibli tengah mengerjakan film baru dengan judul How Do You Live?’. Sayangnya, untuk detail dan tanggal rilisnya belum diketahui.

Walaupun belum diketahui, namun film How Do You Live? diperjelas oleh Ghibli merupakan cerita fantasi yang besar. Film itu terinspirasi dari novel 1937 karya Genzabur? Yoshino dengan judul yang sama How Do You Live?.

Baca juga:

Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang

Melansir Polygon, Miyazaki telah mengutip How Do You Live? sebagai buku masa kecil favoritnya dan batu ujian penting untuk karyanya di film-film seperti My Neighbor Totoro, Sprited Away, Princess Mononoke, dan Ponyo.

Buku itu jadi buku masa kecil favortinya. (Foto: The News Fetcher)
Buku itu jadi buku masa kecil favortinya. (Foto: The News Fetcher)

Cerita How Do You Live? dimulai dengan Copper, seorang anak muda yang berusia lima belas tahun yang baru saja kehilangan ayahnya dan tengah menatap kota kelahirannya di Tokyo. Ia mengamati ribuan orang di bawah dan mulai mempertanyakan tentang besarnya kehidupan. Berapa banyak orang di dunia? Seperti apa kehidupan mereka? Apakah manusia benar-benar terbuat dari molekul?

Buku yang dijadikan inspirasi oleh Miyazaki bergerak di antara kisah Copper dan jurnal pamannya, dimana jurnal itu memberikan nasihat dan membantu Copper mempelajari tentang cara dunia bekerja.

Baca juga:

3 Film Animasi yang Seramnya Maksimal

Seperti namanya Copernicus, selama satu tahun dalam hidup Copper, ia memulai perjalanan pencerahan filosofis dan menggunakan penemuannya tentang langit, bumi, dan sifat manusia untuk menentukan cara hidup terbaik. Yoshino dengan sempurna menangkap keindahan dan keanehan Jepang sebelum perang, seperti pergantian musim, kedai tahu goreng, taiyaki, dan pemandangan indah yang subur. Saat Cooper menjelajahi kota dengan sepedanya dan belajar dari teman dan keluarga apa yang menjadi paling penting dalam kehidupan.

Meceritakan tentang Cooper yang mencari arti penting kehidupan. (Foto: CBR)
Meceritakan tentang Cooper yang mencari arti penting kehidupan. (Foto: CBR)

Cerita itu menampilkan deskripsi rhapsodic mendalam tentang lingkungan Copper dan makanan jalanan yang dimasak di sana. Sementara di samping itu, penuh dengan pemikiran memabukkan tentang bagaimana model alam semesta bagi Copernicus mencerminkan kedewasaan manusia dan kemampuan untuk menjauh dari pemikiran yang berpusat pada diri sendiri.

Kutipan yang satu ini mungkin sangat mencerminkan pengaruh buku pada film Miyazaki yaitu saat Copper bermain-main dengan salah satu sahabatnya, Kitami, dinamika mereka yang kreatif, menggoda, tetapi dekat terasa seperti hubungan saudara perempuan di My Neighbor Totoro. Energi ceria dan keceriaan Copper tampaknya familiar bagi sebagian besar protagonis anak Miyazaki, yang terkenal dengan permainan dan semangatnya yang ceria. (mic)

Baca juga:

Jenjang Karier yang Menjanjikan, Yuk Belajar Animasi!

Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan