Hotma Sitompul: Kata Klien, Setya Novanto Ketua Proyek e-KTP Ketua DPR nonaktif Setya Novanto (kiri) berdiskusi dengan pengacaranya. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.com - Pengacara Hotma Sitompul mengaku pernah diberitahu kliennya bahwa Ketua DPR Setya Novanto merupakan pihak 'pemegang' proyek e-KTP.

Klien Hotma itu adalah Paulus Tanos selaku Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra yang merupakan salah satu perusahaan anggota konsorsium pemenang lelang proyek e-KTP.

Hal ini diungkapkan Hotma saat menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (2/1).

"Dia (Paulus) bilang kan Setya Novanto DPR, coba tanyakan soal ini," kata Hotma kepada majelis hakim.

Sebelumnya, majelis hakim membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Hotma saat diperiksa penyidik KPK. Dalam BAP, Hotma mengatakan Paulus Tanos mengeluh soal chip yang sudah dibeli, namun tak bisa digunakan dalam proyek e-KTP.

Selanjutnya, ia menanyakan kepada Paulus siapa yang dapat ditanya terkait proyek e-KTP.

"Dia bilang, ketuanya itu Pak Setya Novanto. Saya bilang, saya kenal baik, itu teman saya. Lalu dia minta, kalau bertemu tolong ditanyakan, Beliau (Setnov) tahu apa tidak," kata Hotma.

Hotma juga mengaku pernah bertemu Setnov untuk membahas permasalahan proyek e-KTP di Hotel Grand Hyatt, Jakarta. Ia kemudian menanyakan persoalan yang dihadapi Paulus Tanos kepada Setnov.

Namun, menurut Hotma, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu menyatakan bahwa ia tidak mengetahui persoalan proyek yang ditaksir merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun tersebut.

"Pak Novanto bilang, 'Wah saya enggak tahu apa-apa soal itu'. Lalu pembicaraan tidak berlangsung lagi. Setelah itu Paulus Tanos ke luar negeri," tandas Hotma. (Pon)

Kredit : ponco


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH