Hotel Transit Stasiun Gambir Dikelola dengan Komputasi Awan

Fredy WansyahFredy Wansyah - Kamis, 09 Juli 2015
Hotel Transit Stasiun Gambir Dikelola dengan Komputasi Awan
Hotel Transit Stasiun Gambir (Foto: MerahPutih/Novriadi Sitompul)

MerahPutih Megapolitan  - Ciptono Doddie, Senior Manager Pengembangan Usaha Dan Umum KA Pariwisata, mengatakan bahwa pengelolaan Hotel Transit Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, menggunakan sistem cloud. Menurutnya, pengelolaan hotel ini sepenuhnya diserahkan kepada salah satu perusahaan cloud swasta.

"Walau operasinya di sana (Hotel Transit), kita bisa pantau dari rumah, kita pakai sistem cloud," ujar Doddie saat ditemui Merahputih.com di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (9/7).

Sistem cloud merupakan sistem gabungan komputerisasi dalam hal pengelolaan data serta aplikasi pengguna yang berbasis koneksi dan kecepatan internet atau sistem komputasi awan. Para pengguna yang menjalankan usaha seperti hotel bisa menjalankan program atau aplikasi melalui komputer yang terkoneksi dengan internet untuk mengelola dan mengetahui perkembangan hotel dari mana saja, asal memiliki koneksi internet.

Doddie menambahkan, penggunaan sitem cloud pada hotel tersebut agar mempermudah cara kerja dan para direksi dan pegawai KA Pariwisata dalam memantau perkembangan dan pengelolaan hotel dari mana saja.

"Jadi, dari direksi kami mau buka di rumah juga bisa, berapa sih kamar yang kosong, nasionalitinya apa saja sih. Terus di sini penumpang mana aja sih yang banyak naik. Nanti kita termonitor dengan sistem," sambungnya. (AB)

Baca Juga:

Pembangunan Hotel Transit Stasiun Gambir Habiskan Dana Rp4 M

KAI Bangun Hotel Transit Stasiun Gambir Seluas 487 Meter Persegi

Resmikan Stasiun Palmerah, Jonan Puji Kebersihan dan Soroti Fasilitas

#Stasiun Kereta Api #Hotel
Bagikan
Ditulis Oleh

Fredy Wansyah

Bagikan